Siapa tak ingin, biker mempunyai tunggangnnya tampil ciamik??? Pasti semua biker,,menginginnya. Salah satu cara merubah tampilan bentuk motor supaya tampil lebih oke adalah tiada lain dengan proses modifikasi. Namun, tak urung banyak kalangan biker yang ga ngehh..dengan modifikasi..alasan paling mendasar tiada lain karena faktor biaya modif yang mahal. Banyak istilah tentang modifikasi motor ini, ada yang disebut extreme modifikasi, street fighter, low rider, ala motogp, drug race, modifikasi fungsional, de el-el.

berdasarkan alasan di atas,,sya pun tergoda untuk mulai merubah si red apache dengan sedikit poles modifikasi. Modifikasi yang saya terapkan dapat dikatakan modifikasi ringan dan yang pasti tidak menghilaggkan fungsionalitasnya. Berikut ini adalah bagian yang sya rubah di Red Apache..

Ban merupakan salah satu yang pertama sya rubah..ada pepatah bilang bahwa ban merupakan salah satu mahkota nya motor..oleh karena itu biar tambah cantik,,sya cut ban tvs tyre (ban pabrikan) yang licin di trek basah dengan ban merk swallow 100/80-17 di bagian Front, dan Ban Dunlop 110/90-18 di bagian Blakang. Sampai detik ini performa kedua ban tsb..cukup oke dah di pake melibas jalanan bandung-jogja-wonosari, baik trek kering maupun trek basah. Aplikasi ban sengaja tidak pake yang terlalu besar dng alasan agar kendali tidak terlalu berat..Teman2 di PAMOR..ada yang install ban BS  yang lebarnya sampe 130/80-17 untuk bagian blakang, konsekuensi  harus beli velg yang baru biar tapaknya muat

Front : Ban Swallow 100/80-17

Front : Ban Swallow 100/80-17

Front: Ban TVS 90/80-17 (ban pabrikan)

Front: Ban TVS 90/80-17 (ban pabrikan)

Sistem pumbuangan (exhausting system) saya rubah juga,,selain menambah fesyen ketika di liat juga biar tambah flow  sehingga tarikan lebih galak. Header merk Termignoni sya pilih karena terinspirasi oleh motornya DUCATI DESMOSEDICI GP9 tunggangannya Casey Stoner.

Termignoni on Ducati Desmosedici GP9

Pipa knalpot bawaan saya potong di bagian ujungnya di specialist knalpot neotech (tasikmalaya). Alasan mempertahankan pipa knalpot bawaan karena sebagai Brand Baru aksesoris untuk TVS masih minim, jadi kalaupun ada beli knalpot racing utuh ketika di pasang di Apache pasti harus di roll, atau di las  menyesuaikan dudukan..Menurut sya jadi kurang indah karena suka ada bekas las-an di pipanya.. Header termignoni ini banyak di jual di toko spare part dan biasanya dipalikasikan untuk Honda CBR dan Satria FU.

Header Termignoni

Header Termignoni

Knalpot Pabrikan TVS

Knalpot Pabrikan TVS

Untuk menambah akselerasi dan mendongkrak performa mesin, filter bawaan saya buka kemudian diganti dengan filter udara racing merek TDR. Salah satu maslah pada apache sya adalah ketika mesin dingin mesin kadang ndut-ndutan, ketika di gas langsung mati..harus nunggu mesin panas..setelah pake filter udara TDR, mesin ndut2an jadi hilang,,dan tarikan gas semakin enteng..

Aplikasi Filter Udara Racing di Apache

Aplikasi Filter Udara Racing di Apache

Filter udara Pabrikan TVS

Filter udara Pabrikan TVS

Selain filter udara, untuk mendongkrak akselerasi pilot jet dinaikkan menjadi ukuran 17-12, sebagai info pilot jen bawaan apache adalah 15. Pilot jet bisa pakai punya Satria ukuran 17 atau Force One ukuran 20..jangan lebih dari 20,,karena langsam mesin jadi eror…maw cepet malah cekot deh..Pilot jet dinaikkan untuk menambah gahar tarikan pada RPM rendah..setelah dcermati suara knalpot juga terasa semakin berisi terdengarnya. Gir depan juga dinaikkan menggunakan  indopart untuk honda GL Pro..nafas pada gigi 1 dan 2 jadi lebih panjang..

Pilot Jet

Pilot Jet

Yang terakhir adalah mengganti anting-anting pabrikan dengan yang lebih rendah lagi..alasannya supaya lebih ergonomi saja sihh, mengingat postur sya pendek 165 cm. So..red apache tidak terlalu tinggi sehingga lebih mudah untuk balancing ketika berkendara atau menahan ketika stop-an.

anting-anting pabrikan

anting-anting pabrikan

Anting-anting Variasi (Lebih Pendek)

Anting-anting Variasi (Lebih Pendek)

Overall, dengan modifikasi ringan Red Apache tampil lebih manis dan lebih galak mesinnya  daripada aslinya.

Tampil Lebih Manis dengan Modifikasi Ringan

Tampil Lebih Manis dengan Modifikasi Ringan

BUat temen-temen yang sudah me modifikasi kendaraan TVS-nya silahkan sharing di sini..kirimkan data modifikasi, gambar motornya ke email kami : http://www.pamortvs@gmail.com

Salam hangat buat TVS Mania…

Comments
  1. abang says:

    salam kenal..
    kalo ganti stang rumit gak masangnya?
    biar lebih ‘touring style’ daripada ‘sporty style’ aja maksudnya..

  2. lering says:

    # Kang abang
    Salam hangat kang..Utuk ganti stang apache gampang koq..tinggal dibuka cover RTR-nya..terus ngelonggarin satu baut..udah dehh..bisa langsung dilepas stang jepitt nya..gitu kang..Btw..daerah mana nih???

  3. abang says:

    ooh gitu ya..
    thanks deh atas infonya.
    kemaren test drive motor ini, rasanya masih terlalu menunduk. takut capek kalo jalan jauh.. Tapi naik motor ini emang ‘beda’.

    Saya di Semarang, kang..

  4. Lering says:

    Ya memang Apache ini dibuat filosofinya untuk sporty looks makanya dipakai stang jepit gitu seperti motor2 sport (KRR, CBR, Satria FU) ga pakai stang model touring (Tiger, Vixi, Pulsar, Thunder, dll). Owhh..d Smarang yahh…dah banyak APAche disana? dah liat postingan TVS Rockz sya Kang? Keren ga tuhh motor baru nya tvs?

  5. abang says:

    oke deeh.. understand :)
    Rockz keren juga. Inovatif.

  6. Lering says:

    waktu test ride..apa aja yang tidak disukai dari apache? ato kekurangannya?

  7. oudry says:

    Cool….
    simple tapi keren kang modifikasinya…

  8. abang says:

    Hmm.. apa ya.
    Cuma satu: waktu pindah dari gigi satu ke gigi dua ternyata terasa seperti netral (inikah ‘false neutral’ itu?).. Jadi bejek gas tapi motor diem aja, cek lampu netral udah mati. Padahal di belakang ditunggu truk!

    Apakah ‘bugs’ ini masih ada ya di produksi yang baru?

    Tapi tarikan dan kemantapannya ok juga. Dari atas motor sepertinya kecepatannya biasa aja, ternyata liat speedo baru kaget.

  9. lering says:

    # K’ Oudry
    Pengen pake spion kawasaki RR nih..buat di pasang di cover atas headlamp.kira2 berpaan yah??

    # K’ Abang
    False neutral dialami hampir oleh semua teman2 di PAMOR TVS..namun itu terjadi hanya sewaktu inreyen saja kang…setelah service 500 km sedikit2 maslah tsb hilang koq.. Menurut pengalaman, jenis oli juga sangat mempengaruhi lancar tidaknya perpindahan gigi. Nanti saya posting tentang oli dehh

  10. oudry says:

    #K’ Lering
    Hehehehe..bener2 penganut moto “inovasi tiada henti” nih k’ lering kaya’nya…,gimana kalo spion asli RTR di batangnya dipotong pendek trus dibikinin bracket di samping visor ?? daripada pake brand lain ? it just an option kang…selain spion RTR itu cukup keren juga kayanya lebih pantes mengingat bentuk visor dan cover headlamp motor kita cukup gede.., oh iya skalian mw nanya ada kemungkinan gag kalo pamor TVS itu punya chapter di Bogor ? *twink2*

  11. lering says:

    K’ Oudry
    Hahahaha….sebenernya kalo anggaran penuhh..modif abiz motogp mania apache nya..hehehe…Tp akhirnya mpe saat ini cuma segini aja Kang!! heu..heu..

    Kang..udah dicoba lom di motornya kalo spion asli RTR di batangnya dipotong pendek trus dibikinin bracket di samping visor ??…display dong K’ Oudry disini..kalo ada gambarkan lebihhh jelas tuhhh…gmn boz?? ide baguss tuhhh..biar terus ciamikkk gtu Red apache nya nihhh..

    PAMOR TVS punya chapter selain di bandung misal di tempat K’ Oudry sangat boleh dong Kang..why not??? Tambah Chapter Tambah Banyak Saudara-saudara kan……..Kapan nihhh???? heu..heuu
    LEBIH CEPAATT LEBIH BAAIIKK !!!

  12. wira says:

    DIJUAL!
    Knalpot standar apache sudah di bobok
    bentuk sperti asli,perfomance n suara gaya
    suara ngebas
    hasil bobokan Kp16 bandung,tukang knalpot ptama dibdg n biasa bkin knalpot racing
    dibandrol Rp 350.000;-
    minat-08179226633

  13. wira says:

    to all
    bagi yang punya masalah dengan PERSNELENG APACHE susah dipindah/susah netral.

    ada satu cara yang temen-temen harus coba lakuin,yaitu setelan kopling apache dikendorkan sedikit jangan terlalu pendek,dibikin agak jauh sedikit saja,rasakan bedanya,perpindahan persneleng lebih empuk n kalo mau netral lebih gampang.
    setelan kopling apache bawaan standar pabrik emang dibikin sangat pendek pada semua unit yang sejauh ini saya temui.

    caranya mudah,hanya mengendurkan baut stelan kopling,lalu disetel supaya kendur(terasa agak jauh dituas kopling),dan kencangi kembali.
    posisi tempat penyetelan kopling ada dikanan dekat tutup oli,apacher’s bisa lihat ada kabel kopling disitu.
    selamat mencoba.. :)

  14. lering says:

    # K’ Wira
    Weesss…perlu dicoba tuhh buat apache mania sharing dari Kang Wira..thanks a lot ya!!!

  15. lering says:

    # K’ abang
    Info dari kang wira kirang bisa jadi masukan tuhh buat Kang abang yang lagi milih2 apache nya..

  16. awis.wisnedi says:

    numpang lewat brother…

    Lering : silahkan….mampir dan sejenak menikmati kata demi kata serta melepas lelah di blog ini juga tidak apa2..

  17. johny napalm says:

    bro..

    harga tvs apache skrg brp?

    n dealer di klaten tu dmn???

    thanks

  18. oudry says:

    # bos johny..
    bisa menghubungi dealer2 berikut ini :
    1. TVS Kartasura
    Jl. Ahmad Yani No. 342
    (0271) 725687
    (0271) 725687

    2. TVS Yogyakarta
    Jl. Menteri Supeno No. 72
    (0274) 384524

    3. TVS Salatiga
    Jl. A. Yani no. 19 – 20, Salatiga
    (0298)324132

  19. abang says:

    @johny napalm
    Di price list Rp 17.600.000 (semarang)
    Tapi kmrn ditawarin subsidi 1 jt untuk warna Titanium Grey!
    Emang warna ini knp sih ya? Kok warna lain gak ada subsidi?

  20. oudry says:

    harga apache otr tergantung masing daerah , untuk jawa barat 17,5 jta bos

  21. oudry says:

    warna lain kalo di jawa barat tetap ada subsidi pak

  22. johny napalm says:

    thankz wat bro mua….

    oia ne 1 ge…

    law cdi nya tu isa di ganti cdi apa ajah biar tambah cepet

  23. oudry says:

    # johny

    Untuk CDi , Apache Cdinya gag di limit bro….jadi gag masalah…, kalo mw maen dipengapian, bisa coba ganti koil pake blue thunder atau koil suzuki rm 150

  24. lering says:

    kang oudry pinteran euyy…!!!

    # Kang Johny

    gmna jadi belinya?? oya..klaten sama wonosari…tetanggaan yah kang?? sya rencana ke wonosari nihhh….

  25. abang says:

    Besok apache grey saya mo dianter ke rumaaah!!
    Senangnya..
    Kira2 musti dicek apa aja ya kalo dateng besok?
    Thx..

  26. oudry says:

    # lering..
    jangan lupa oleh2 ya kang …hehehe

  27. oudry says:

    # Abang
    Selamat Bergabung dan slamat menikmati sensasi berkendara dengan TVS Apache RTR 160.

  28. lering says:

    # Kang Abang
    Selamat bergabung deh di keluarga pengguna Te Pe Es. Pasti ga akan mengecawakan…untuk maintenance apache baru..menurut saya..yang harus dijaga narik gas dan speed..jangan terlalu poll n jangan terlalu semangat..harus dibawah 60 km/jam..soalnya komponen mesinnya masih baru jadi belum terlumasi dengan sempurna istilahnya masih perawan..jadi harus alon-alon asal kelakon…jangan lupa mpe 500 km oli cepet diganti yah kang!….gitu aja kan ga ribettt

    #Kang Oudry
    Oleh-olehnya..ntar postingan aja yahhh..ttg performa si red apache naklukkan jalanan bandung-wonosari = 500 km

  29. abang says:

    Thanks atas tipsnya bro..

  30. johny napaLM says:

    WAWH AU JDI Bgg ne…….

    bli v-ixion second ato TVS ajah ea????

    bro….

    tolonk saranya

  31. ibonk says:

    kang cuma mau tanya, dari beberapa posting di beberapa blog.. kok sepertinya ada yang kecewa dengan purna jual tvs ya… masalah spare parts yang susah dan masalah cat apache yang terkelupas serta body yang kena karat. saya sebelumnya sudah test ride.. dan saya akui apache performa nya yahud banget… hanya karena motor saya sebelumnya belum kejual jadi batal deh nimang apache. oh iya denger2 apache mau ngeluarin yang versi RDB (rear disc brake) dengan tampilan baru.. bener nggak sih ???

  32. lering says:

    # K’ Ibonk
    Jujur aja sya juga heran dengan komplain motor apache dblog lain ttg masalah cat yang ngelupas ato body yg karatan..sya sebagai user apache dan teman2 di komunitas PAMOR TVS Bandung tidak mengalami hal2 seperti itu..ya ini istilahnya sebagai pencerahan saja buat kang ibonk tidak semua kayak gitu..apa artinya 10 orang yang kyk gitu jika dibanding ratusan ribu user apache lainnya..kekurangan sih pasti ada tapi tidak bisa digeneralisasi. kritik boleh bahkan bagus untuk penigkatan mutu produk, tpi harus proporsional. Gitu menurut saya sihh..

    Untuk masalah sparepart…pada awal2 (sekitar maret-okt 2008) memang agak susah..namun karena banyak masukan dari komunitas waktu itu akhirnya terasa sampe skarang jadi semakin banyak..jangan khawatir..logika nya begini: TVS kan udah bangun 20Ha pabrik di Karawang itu lho..sejak tahun 2007 diresmikan SBY..ini berarti spare part juga akan semakin mudah, ditambah visi TVS bahwa Indonesia akan dijadikan basis produksi di wilayah Asia..Selanjutnya investasi yang dikeluarkan untuk bangun infrastruktur pabrik seluas 20 ha, pelatihan SDM, serta teknologinya berarti bahwa investasi TVS ini tidak main2 pasti untuk jangka panjang…

    Terakhir, pengalaman saya waktu jatuh parah dari Red Apache..semua bagian depan hancur…spare part oke2 aja kagak ada yang susahh…dan yang membuat sya bangga serta teman2 di PAMOR TVS ternyata garansi sparepart benarr2 adanya, oke banget pelayanannya..kami jadi puas…pelampung bensin sya yg eror diganti baru, speedometer digital (Rp 500 ribuan) kang hari yang eror diganti baru juga. Ketika service rutin spare part yang fast moving selalu ready stock…so apa nya yang susah???

    Sewaktu ada kunjungan iwan fals ke bandung..PAMOR TVS Bandung mendapat bocoran dari pak Vijay memang akan ada Pengganti apache nantinya…yang sekarang santer isunya yaitu nama Manace dengan cc lebih gede 180cc serta aplikasi RDB, injection dan airscoop di tanki bensin..yang pasti,,,motor pengganti apache akan hadir tidak lama lagi,,adapun prototipenya masih lom tau juga sihh tpi Pak Vijay menjanjikan fiturnya lebih dari Apache RTR 160.

    # K’ Johny
    Lebih puas dapet yang baru dehhh…segerrr kang pastinya. info hasil test ride kang ibonk ternyata apache yahud bangettt tuh!!

  33. raja says:

    # Bro Ibonk
    Betul bro penjelasannya yang punya blog ini…jangan jadi bingung karena banyak yg aneh posting miring ttg apache di blog yang lain..bro ibonk baca di …...dihapus..... yah? ...dihapus...masa tali gas dah 2x putus,,,,yang pasti menurut gua mahh motornya mah keren ...dihapus.....obatnya kalo tali gas putus ........dihapus.....….. harus baca istigfar 1000x…..dihapus..……

  34. oudry says:

    to all

    sebuah produk akan teruji dan akan terus menjadi baik, dari sisi kualitas pelayanan ataupun mutu produk itu sendiri melalui kritik dan saran para pemakainya, akan tetapi yang perlu kita garis bawahi adalah…kritik yang dimaksud disini adalah masukan yg membangun, bukan hujatan apalagi cacian, semakin banyak masukan dari kita semakin banyak pula perbaikan yang akan dilakukan produsen karna mreka pasti ingin memberikan yang terbaik untuk konsumen mreka…..(saya yakin itu)

    jadi mari kita bantu… agar produk ini dapat menjadi lebih baik lagi dengan pelayanan yang terus di improve dari waktu ke waktu. dan semua itu gag akan bisa terlaksana tanpa dukungan kita bro….

    cheerss….:-)

  35. abang says:

    Sy jg sering baca berbagai review baik yg positif maupun negatif ttg apache ini. Terutama dari ‘sebelah’, dimana di situ byk sekali dapet informasi ttg apache, sekaligus komentar2 miring yg nakutin.

    Toh sy ambil juga nih grey apache :))

  36. oudry says:

    # abang

    Terima kasih banget Braderrr …. :D

  37. ibonk says:

    kang lering, bro raja, oudry dan abang… terima kasih penjelasannya… memang benar saya banyak membaca tentang apache dari blog A tersebut, bagi saya yang namanya ingin punya barang baru.. tentu saya harus punya informasi yang banyak mengenai barang yang ingin saya beli… nah masalah kelemahan atau kelebihan tentang apache bagi saya adalah hal yang wajar karena tentu tidak ada motor/ barang yang sempurna… terima kasih infonya ini merupakan tambahan informasi bagi saya, moga apache rdb cepat keluar… heheh… soale sayang kalo beli sekarang nanti malah keluar yang lebih ok lagi…

  38. oudry says:

    spendapat banget sama bro ibong *thumbs up* :-)

  39. raja says:

    # abang
    yahh bener2 parah bgt broo..terlalu dilebih2kan komentar2 negatif dihapus.……..motor gw juga adem ayem aja kgak kayak di komplen mreka. YAng bro bilang nakutin…benar bgt..harusnya seperti bro oudry blang kritik yang konstruktif…ato bro lering bilang kritik yg proporsional…

    # ibonk
    betul brooo..sebagi pembeli qta harus tau gmn produk yang akan qta beli…jangan terlalu dipusingkan komentar apache yang lebay......dihapus.....apache gw dah 11.000km kagak ada masalah. dapet info katanya pengganti apache RTR keluarnya ntar bulan oktober-an..gmn masih mau nunggu? hahahha…yang pasti pengganti apache lebihhh oke! dapet RDB terutama…

    Lering : Maaf komentar yang menyinggung orang lain sya hapus.

  40. raja says:

    Sori bgt brow lering..soalnya gw enek baca koment2 nya pada lebay (sangat dilebih2kan!) bgt…..pizzz….

  41. batagor ihsan says:

    Naon bedanya PAMOR dan ARCI ??? apa ada hubungannya dengan blog AWIGUNA ???

    Lering : Pamor merupakan metamorfosis dari ARCI, karena ARCI sudah di closed! > 90 persen pendiri ARCI kemudian membentuk komunitas motor TVS yang disebut PMOR TVS Bandung. Blog ini independent dan sudah termaktub dalam AD/ART organisasi.

  42. zero says:

    salam kenal…
    saya udah pakai apache sejak 4 bulan yang lalu… km udah 9000…
    selama ini memang tidak ada keluhan di bagian mesin.. performanya ok…
    saya ganti lampu kota udah 3x.. ganti sensor speedometer 1x…. semuanya gratis..
    tapi akhir-akhir ini saya mulai “khawatir” dengan karat yang mulai muncul di berbagai tempat..
    dan yang parah cat hitam yang ada di handle bawah dekat suspensi mengelupas semua… dan ada beberapa pada blok mesin…
    yah mau gimana lagi.. namanya juga motor kesayangan..
    rencananya mau saya cat ulang…
    tapi buat harga segitu puas kok… ga nyangka aja kondisi standar bisa nemebus 130km/j…

  43. lering says:

    # zero
    salam hangat dari kami Pamor tvs!
    gratisnya pake klaim ya kang? siippp…kalo udah puas mahh

    Tentang karatan,,bisa di kirim ga foto apache nya ke meja redaksi..pamortvs@gmail.com…biar kita semua bisa liat sbrapa parah kah? coz apache sy karatnya dikit aja di ujung stang.

  44. zero says:

    @ lering
    terima kasih

    ga kok… ga pake klaim2an.. cuma bawa ke dealer trus di ganti… gt doang.. kecuali yg sensor speedo.. harus nunggu 2 minggu..
    mengenai foto besok akan saya ambil gambarnya.. sekarang malem…

  45. lering says:

    wahh..hebat bener dealernya tdk byk birokrasi..klo kami harus klaim dlu trus nyerahin fc stnk dan ktp..posisi dmn neh?

    ditunggu lho fotonya!

  46. zero says:

    iya.. katanya sih konsumen lebih penting..
    saya juga di kasih tau kalo bisa manggil mekanik kalau2 motornya ngadat di jalan… belum pernah coba juga sih..

    saya di gresik

  47. Bl4ck says:

    sebelum saya memilih motor saya harus cari kekurangan nya dulu, dari berbagai Forum saya dapatkan beberapa kekurangan dari TVS apache ini yaitu beberapa Tali Kopling mengalami Putus dan Beberapa Cat yang sering terkelupas, Ban yang Licin dan harusnya di sadari oleh Pihak Apache untuk disesuaikan dengan kondisi cuaca & Aspal di Indonesia. beberapa juga Komplain atas Spedo Digital yang Error dan tidak akurat, dll. Mohon Penceraannya buat TVS Indonesia saya jadi bingung neh memilih ini Motor, sedangkan antara Pilihan saya adalah Honda Mega Pro, Yamaha Vixion, TVS Apche RTR 160 RD. sekilas saya tertarik pada TVS Apache ini tapi saya melihat banyak Komplain, mohon bantuan Teman2. Thanks

  48. lering says:

    # Kang Black

    Untuk tali kopling yang anda sebutkan putus berkali2…jika hanya 1 orang yang mengalami tali putus, sya tdk setuju jika anda langsung justifikasi bahwa hal ini jelek,karena nyatanya 20 orang di Anggota PMOR TVS Bandung yang aktif,,blom ada yang ngalamin tali kopling putus!!!..

    Untuk ban licin…saya setuju bangetttt…pliss dehh ATPM gmn nehhh kualitas bannya???? bahaya bangettt…

    Untuk Speedo yang eror dan ga akurat sya lom pernah ngalamin, tapi memang anggota PAMOR yaitu Kang hari dan kang megan mengalami eror speedo,,tapi ada solusinya yaitu diganti sama yang baru dan gratiss…

    Kalo apache dibanding sama Mega Pro..wahhhh lewat banget dehhh kang!!! menang jauh apache..paling se levelnya sama vixion oke tuhhh..silahkan aja dipikir-pikir yah! hehhehe

    Untuk masalah cat mengelupas dan berkarat..silahkan baca di postingan khusus mengenai cat ngelupas dan berkarat

  49. abang says:

    @kang lering..
    Saya mo nanya tentang ‘anting2 variasi’ dong..
    Itu menggantinya susah ga? Apakah yg jual itu bisa sekaligus masang?
    Tertarik nih ganti dengan yg lebih pendek. Bukan buat rider-nya tapi buat boncenger.. Skrg komplen kalo naik terlalu tinggi hehehe..

    Trus kekuatannya gimana ya? Apakah sebanding dengan orisinalnya?

  50. Teguh Ekaraya says:

    Hanya satu kata yg dapat saya katakan…

    “PUAS” pada ketangguhan APACHE RTR 160.

    Saya bener2 gak nyesel beli motor ini walaupun awalnya hanya “dirayu” oleh kang Harry. Tapi, setelah saya coba… Mega Pro mah lewat… trus Bajaj juga gk bisa nyusul… apalagi balapan ma minerve… jauh banget n gak sebanding.

    Siap2 to jogja euy…

  51. Teguh Ekaraya says:

    Saya pengen ganti knalpot racing nih… Ada yang bisa bantu gak ???

  52. lering says:

    # K’ Abang
    bongkar-pasang anting2 variasi gampang kang, paling lama 30 menit. banyak dijual di toko sparepart. kalo pengen sekalian masang cari toko sparepart yang sekaligus ada bengkelnya. Anting-antingnya cari yang lobangnya dalam kang biar kuat, coz byk anting yang masuk di apache tp lobangnya dangkal. ini bhaya bisa patah gitu. Terus cari harganya yang rada mahal sekitar 40 ribu biar kuat. Pake anting2 yang tingginya sedang biar ga terlalu ceper. Ampe skarang anting2 saya oke2 aja, sudah diajak touring bandung-jogja pp..tdk ada maslah. malah tambah enak sihhh jadi tdk terlalu tinggi.

    # K’ Teguh
    Puas yah sama apache nya….siippp!!! Btw kang teguh di bandung yah? kang hari mana nih? pamor bukan?

    Touring ke jogja ikut? daftar aja ke kang hari..oke???

    Ganti knalpot racing gampang koq..pada dasarnya knalpot racing yang skr ada di pasaran bisa diaplikasikan ke apache, namun mengingat apache adalah brand baru belum ada knalpot racing yang langsung nge pas dudukannya di apache. Jadi harus di roll dahulu disesuaikan dng dudukan apache.

    Alternatif kedua, menurut sya lebih simpel adalah dengan membeli header/silencer nya saja. Jadi tinggal potong pipa knalpot yang aslinya, terus di las dan baru dipasang headernya. Menurut pendapat sya pribadi, ini lebih rapih daripada harus nge-roll knalpot yang baru karena suka ada bekas las di pipanya. Byk di variasi yang jual header knalpotnya saja misalnya TERMIGNONI ysng biasa diaplikasikan untuk honda CBR dan Satria FU.

    Oya..beberapa waktu yang lalu ada AHRS limited edition khusus untuk apache..namanya AHRS seri F4…silahkan hubungi kang ipenk, dealer tvs pasteur bandung.

  53. Bl4ck says:

    Makasih ya Kang Lering atas Jawabannya, hmm saya sih rencana mau ganti motor bebek saya ke TVS Apache tapi lagi nunggu yang tipe RD ( double Disk ) katanya sih bulan agustus 2009 baru keluar. harganya kisaran 18jt an. Semoga dari Komplain Teman2 yang sudah menggunakan Apache ini bisa menjadi Pencerahan bagi TVS Indonesia untuk memperbaiki kualitas Quality Control Produk sebelum diterjunkan ke Consumer.

  54. lering says:

    sama-sama…kang!
    sya juga lagi nunggu nihh sama apache RD..posisi dmn?

  55. oudry says:

    iklan di tv untuk apache RD gag lama lagi nongol di tv, tungguin ya….hehehe

  56. lering says:

    good news! thaks infonya…ayoo bikin paket upgrade apache lama pake rd dan air scoopppp

  57. odih says:

    Salah satu baut tutup saringan oli apache saya dol tdk bisa dikencengin lagi, rencananya mau bor ulang tapi dengan dicor terlebih dulu, kayaknya blok mesin harus dibuka ribet juga. Mungkin ada saran atau ini termasuk ke garansi mesin ga? thanks.

  58. odih says:

    Salah satu baut tutup saringan oli apache saya dol tdk bisa dikencengin lagi, rencananya mau bor ulang dengan cara dicor terlebih dulu, kayaknya blok mesin harus dibuka ribet juga. Mungkin ada saran atau ini termasuk ke garansi mesin ga? thanks.

  59. lering says:

    # kang odih
    iya sepertinya itu karena kelalaian mekanik kang..jadi menurut sya ga masuk garansi tuhh…tapi dicoba saja kang! memang sepertinya tdk ada jalan keluar harus dicor tuhh..

    Sya juga ada pengalaman keluhan ttg saringan oli kang, tpi ini disebabkan kesalahan mekanik..dulu waktu service karet yang warna hitam (bosch) seperti karet gelang disaringan oli putus..jadi rembes terus olinya. Ini disebabkan karet tsb tidak pas waktu dimaukan lagi..jadi kejepit tuhh. untungnya cuma karetnya aja ga seperti kang odih alamin bautnya yang dol..

    Saran..supaya hati2 diservice walau dibengkel delaer tvs juga..karena ada yang masih blajar..sya juga di bandung yang dipercaya hanya 1 dealer dari 3 dealer tvs yang ada dng mekanik ttntu. Alasannya ya itu tadi..biar kita dapat minimalisir kelalaian mekanik.

  60. Teguh Ekaraya says:

    # Kang Iering
    Makasih buat infonya. Yup… saya di bandung nih. Akang sendiri dimana ??
    Ttng knalpot, saya lagi udah pesen ama pak megan n kang rizal.. Mudah2an bisa dipasang sebelum beragkat ke jogja. Biar RED APACHE-nya lebih “GRENG”.
    Pak megan…. Kang Rizal … Gimana nih knalpotnya ???

    # Kang Wira
    Gimana kalo kita tuker pake aja kang ??? Mau gk ??

  61. lering says:

    # kang teguh
    saya di bandung jugaa..hhehhee..kayaknya kita pernah ketemu..tapi lupa nama, wajah dah kenal kali yah…

    di call aja no hp kang megan nya..ada tuh no tlpnya di home base pamor.

  62. Teguh Ekaraya says:

    Kemaren waktu ke banjaran… akang ikut gak ???

    Lering : Saya ga ikutt…sama kang yadi, pa irwan dan kang hari yah?

  63. wira says:

    @ teguh ekaraya
    tuker pake knalpot ya kang?
    boleh aj,akang posisi dmn?
    mau kpn ngambil?

  64. iesal says:

    wuihhh..temen2 paguyuban lg pd touring k yogya,,ngiler kang..!

  65. Bl4ck says:

    lering Says:
    July 14, 2009 at 6:59 am

    sama-sama…kang!
    sya juga lagi nunggu nihh sama apache RD..posisi dmn?

    Posisi di Jakbar, Kemanggisan..

  66. boedkun says:

    bro2 disini mau nanya…
    nyari engine guard yang persis aslinya n warna item doff dimana ya?
    kalo yang di pakai kang awi kegedean n ntar gak bisa dipasangi airscoop bawaan..
    ada yang tau?
    thx…

  67. tebe says:

    cuma mw curhat…
    pakai Apache sdh 1 th,( KM 11rb ), jarang jarak jauh.
    *karat memang bener adanya, apalagi cat nglupas sudah teralami di apache gue!
    *serta speedo yg ngaco(masa speedo gue jalan 160 kpj,…. ehh malah di salip ma smash yg boncengan).
    *kmarin motor gue mau nyalib mobil, ehh tiba2 gas bedenyut2 kayak keilangan power (kyk gas mau abis).
    *ban licin, wiz ga usah di bahas….(emg kyk gitu)
    *tiap abis nyuci, rem blgk selalu bunyi tikus kejepit… dan baru hilang setelah 2 hari-an.
    *shockbeker belakng pernah di ganti (tp tidak baru, cuma di ambilin pny test ride), krn sering bunyi yg ga karuan. itu pun gantinya baru di acc stelah 2 kali service (5 bln).

    *** mau bukti kerusakan, BISA SAYA KIRIM. tp apakah dengan mengirimnya bukti,ATPM bisa beri saya kompensasi!!!****

    semua kelemahan ini memang terbukti dengan adanya apache CKD (yg di proses ulang oleh ATPM indonesi), seprti cat pada behel,pijakan footstep, cover aki.semua perbaikan tersebut ada pada produk apache keluaran baru2 ini…… truz gimana nasib motor kita, yg tak lain adalah pembeli produk percobaan ??
    yah.. itulah resiko kita! knp ga nunggu kualitasnya dulu…?
    (ini bukan gosip… bukan sabotase… bukan megada-ngada.. buka isu apalagi SARA… bukan menjelekan…dan yg pasti ini bukan BOM bagi TVS Company)

    tebe
    -apache surabaya-

  68. lering says:

    # K’ Boedkun

    Di temen-temen PAMOR blom ada yg bikin engine guard yang persis aslinya n warna item doff. Sepertinya gampang tuhh kang..tinggal ke tukang las aja tolong dibikinin gtu,,terus bawa gambar referensi engine guardnya…:)

    # K’ Tebe

    -untuk karat dan cat mengelupas..tolong dikirim ke email PAMOR kang (pamortvs@gmail.com). Qta punya link ke main delaer dan Atpm. seberapa parahkah kondisinya?
    – Speedometer eror..dikomplen aja kang..temen2 di PAMOR juga mengalami hal ini (kang megan, kang hari) langsung diganti sama yang baruu..kan ada garansi!
    – Kehilangan power?? coba di pakai filter udara racing..dijamin kagak ada berdenyut gasnya..hehheehe
    – ban licinnn..stuju kang! gmna nihhh tvs…puiiihhh..sangat-sangat berbahaya!
    – rem blakang berbunyi..sama kayak yang saya alami..tapi bunyi keluar kalo ganti kanvas rem ori baru..kayaknya kanvas remnya kurang pas tuhhh bahannya..
    – untuk yang apache ckd..sya lom ada info nihh,,,kirim aja fotonya kang ke email redaksi PAMOR oke..
    Tak Tunggu lohh!!!

  69. boedkun says:

    kemarin waktu di jogja aku liat ada yang komplit tu…engine guard n pengaman kain sari kayak di india..(liat gak kang?) punya orang dari bandung pa jakarta gitu aku lupa..

  70. ardi says:

    harga filter racing TDR berapa sih, kalo filter dibuka dibanding dipasang lebih galak mana ya ???

  71. lering says:

    harga filter racing tdr 100 ribu di bandung. pake filter racing lebih galak pastinya n lebih ringan tarikan gasnya..mantabs pokoke!

  72. wira says:

    @ teguh ekaraya
    tuker pake knalpot ya kang?
    boleh aj,akang posisi dmn?
    mau kpn ngambil?

    @ardi
    kang mau bli yang saya punya?
    dulu saya pnah beli cuman dipake seminggu
    ga suka suaranya saya

  73. wira says:

    @lering
    mi,teguh ekaraya teh siapa?dmn?

    kamari ka yogya kumaha mi?rame?

  74. surya says:

    Ass.
    Salam knal akang2 smua!

    Oyah kang, skrng T-RAC sudah bermetamorfosis jadi TAC (Tvs apache club) dengan ktua yg bru dan kpengurusan bru pula! Semoga dengan metamorfosis ni TAC bsa jauh lebih baik d bnding T-RAC, amin,mhon doanya ja yah kang!

    Klo ktmu apache pke stiker TAC d jln tlong sapa yah kang, kbtulan sya kul d bndg jd sering grt-bdg!
    Oyah kang,cman mw nanya, suara knalpot racing ahrs f4 bw apache gandeng ga? Soalnya mw da rncna gnt knalpok pke racing! Dan ga mau yang terlalu membuat orang skit telinga? Kasian,hehe!trus performa gmana? Mohon gambarannya kang!

    Hidup apache lovers!
    Wass.

  75. wira says:

    DIJUAL!
    Knalpot standar apache sudah di bobok
    ,perfomance n suara gaya
    suara ngebas,ga terlalu berisik
    hasil bobokan Kp16 bandung,tukang knalpot ptama dibdg n biasa bkin knalpot racing
    dibandrol Rp 350.000;-
    minat-08179226633

  76. lering says:

    # K’ Wira
    Teguh eka raya itu anggota PAMOR.liat aja di pic touring jogja

    # Surya
    Wass. Salam hangat juga buat kang surya dari PAMOR. Selamat dan sukses buat TAC,,kami pasti mendukung!. Sebelumnya kita memang sudah tahu dari awal..kang gery n kang robi ngasih tau dan ngundang acara inagurasi TAC, tp syang acaranya bentrok dengan undangan tmc jogja coz acara tmc jogja telah ter-schedule lebih awal. Salam buat TAC!

    F4 AHRS..ga terlalu bising kang..lebih nge bass..tapi menurut saya tarikannya jelekk..ngga flow sihh…gambarnya nanti saya cari dulu…

  77. erny says:

    maju terus pantang mundur…salut…PAMOR.

    Kang Hari,Kang Fahmi n Kang Yadi, tolong sampaikan kepada tmn2 mengenai info service gratis tgl 29,30,31 Juli 2009, di TVS Buah Batu, diprioritaskan untuk konsumen yang telah melewati service KSG ke V.

    tx buat krjsmnya n ilmu modifnya.

    Erny

  78. acoen says:

    halo smuanya,salam kenal,
    sya rider apache dari garut,
    di garut banyak mtr tvs apache yang sudah di modifikasi,
    minimalis,touring,atau style apapun ada lah,hehe…
    moga bisa jadi inspirasi buat tmn2 rider smuanya,bisa di lihat di foto facebook saya,atau di blog kami,
    tp mohon maaf,foto di blognya sebagian masih dalam proses,
    klik disini

    http://www.facebook.com/profile.php?id=1685319457&hiq=hegar&ref=search#/acoen.chandra?v=photos&ref=profile

    atau disini

    http://tvsapacheclub.wordpress.com/2009/07/28/perkenalan-tvs-apache-club/#respond

    trma kasih untuk kunjungannya,smga bisa saling tukar inspirasi

    Lering : thanks bgt coen…garut memang hebohhhh lahhh…!!! nanti saya link blognya yahhh.

  79. Jaliteng-PWT says:

    kang Lering, anting Sock Belakang yang pendek saya cari kok gak nemu2 ya, adanya yang buat motor bebek, bentuk dan gambar sama dengan diatas cuman lubang sama dudukan pernya lebih kecil, dimanakah saya harus mencari, soalnya standarnya masih ketinggian meskipun jok sudah saya tipisin…..mohon informasinya dan spec anting yang dimaksud…..nuwun.

  80. lering says:

    # Jaliteng
    Memang apache ini dengan postur saya terlalu tinggi mas..kadi pake anting variasi yang lebih pendek dehhh..maknyosss….

    Anting-anting banyak koq kang di bandung di toko-toko variasi motor..saya ga susah waktu itu nyarinya tokonya juga ga gede2 amett..betul mas..anting2 buat apache memang harus hati2,,pilih bagian yang punya lobangnya dalam biar aman juga sama tapaknya yang nempel ke sock harus lebar..harganya agak mahal sekitar 30-45 ribu…

    Pokoknya cari anting yang gede…kalo untuk bebek jangan! karena lubangnya dangkal ntar malah jadi patah ga kuat nahan beban.

    Dicari aja kang teruss..coz di bandung sih gampang..banyakk…

  81. yudhi says:

    kank,, bade nyuhunkeun organigram PAMOR tea,, hehe :D

    “yudhi_budhut@yahoo.com”

  82. oudry says:

    Assalammualaikum PAMOR TVS & Rekan2 pengguna TVS

    kami dari TVS BOGOR ingin memberikan informasi bahwa TVS BOGOR menyediakan seluruh Spare part TVS semua varian, jadi apabila rekan2 ada kesulitan dalam mendapatkan spare part TVS, bisa langsung menghubungi kami di 0251 8738999 / 0888 0900 8889. http://tvsbogor.co.cc

    Tidak perlu inden lama untuk semua jenis sparepart.

    hatur nuhun untuk kang lering dan rekan2 blogger TVS yang lain…,mudah2an informasi ini dapat membantu.
    jangan ragu untuk menghubungi kami apabila membutuhkan informasi lebih lanjut.

    wassalam.:-)

    Lering : paztiii ada fee untuk delivery luar kota ya kang??

  83. Teguh says:

    Mo tanya nih..
    Red Apache punya saya teh suaranya kok berisik banget ya ?? Trus tenaganya jadi melempem. Top-Speed nya cuman 105 KPJ. Gak seperti awal2 waktu saya beli…
    Kenapa ya ???

  84. lering says:

    # kang teguh

    Pake oli apa kang? SAE nya brapa? sering service rutin?

  85. oudry says:

    @k’ teguh
    coba ke dealer resmi tvs terdekat atau k bengel mitra tvs kang, coba untuk di stel jarak kerenggangan klepnya

  86. Teguh says:

    # kang lering & kang oudry
    oli pake yang bawaan dr tvs nya castrol sae 20/40. Kalo service mah rutin.. malahan dalam 1 bulan ini udah 3 kali ganti oli n 2 kali service.
    yang pertama sebelum berangkat ke jogja (service n ganti oli). Yang kedua setelah pulang dr jogja (service + ganti oli) n yg ketiga waktu ada oli gratis di tvs buah batu (ganti oli aja)..

    Gimana nih kang ??

  87. lering says:

    # Kang Teguh
    SAe 20/40 memang agak berisik kang tapi kalo kata kang teguh berisik banget ada yang ga beres tampaknya, coba rekomen dari kang oudry..kerenggangan klepnya di set! cepet bawa lagi ke bengkel..Ga lucu soalnya apache hanya mentok mpe 105 kpj, masa kayak supra fit almarhum sya dulu..wkwkwkwkkw, palagi bentar lagi kan banyak acara…sukabumi, tegal n bogor..

    Cuma saran sihhh kang..coba deh pake oli shell vsx 10-40 or bm one pc 1300 ato bm one pc 1000…(bukan promosi coz bkan sales oli) pengalaman pribadi enak loh dipke di apache..oli castrol yang dari dealer ga enakeun di apache sy…

    # kang oudry
    tentang sparepart……… fee untuk delivery misalnya bandung or garut kena charge brpa kang??

  88. irwan ganteng says:

    iraha kang acara di sukabumi, bogor, antosan abdi heula nuju ngantosan kiriman apache anu anyar, kabari ya juragan !!

  89. Teguh says:

    Ok. Thanks buat infonya. Btw, klo karbu ninja/rx king bs dpasang di apache gk? Rncnny sy pngn pasang tu karbu di red apache pny saya. Kang agus (mkanik pasteur) yg nyaraninny. Klo saya pasang, kira2 brmslh gk dgn komponen mesin yg lainnya? Lalu apa mj n pj jg hrs ikut dganti. Sy pngn motor ini tambah garang.. Pls, ksh tau solusiny..

  90. teguh says:

    Kemaren saya baru aja tukeran knalpot dengan punya kang wira…
    Siiippp… Tarikannya jadi lebih enteng… suara lebih ngebass n tenaganya jadi lebih oke. “Red apache” saya udah kembali ke jalur yang benar dengan sedikit “sentuhan” dari kang wira. Tinggal ganti busi (pake yg irridium) n ganti oli mesin (pake shell vsx 10-40 or bm one pc 1300 ato bm one pc 1000). Sekarang ini udah bisa tembus ke 124 KPJ.
    Hatur nuhun kang wira. berkat “sentuhan” akang… red apache saya kembali ke jalan yang benar.
    he he he…

  91. lering says:

    Siippp kang teguhhh…kade ahhh ulah tarik teuing..heg bade hajat…sing emutt ka ci tetehhhna…..di gimanain sama kang wira? busi irridium teh gmn kang??

  92. wira says:

    @ teguh
    siiipp,syukur guh.klo motornya enakeun mah.
    klo ad apa2 di motor,tanya aj lewat sms ato email (simpledesain@gmail.com)

    @lering
    mi,motor saya di ganti ey,apachenya dijual,saya skrg jd pke Honda Cs1.klo pamor ad touring boleh ikt y?

    Lering : Napa diganti kang??? pengen yang lebih branded ya…….touring?? boleh ntar tak gendong dikau…wkwkkwk

  93. Jaliteng-PWT says:

    #Kang Oudry
    kang kalau mika jok apache nyampe berapa ya kang + ongkos kirim, saya di Purwokerto…..nuwun.

    Lering : mas happy..nyari-nyari anda mas??

  94. Jaliteng-PWT says:

    #Lering
    iya kang udah ngobrol lewat telpon dan sms juga…..
    sepertinya tinggal nyari waktu untuk kopdar bareng-bareng. nuwun kang berkat PAMOR jadi nambah temen nih…..

  95. lering says:

    # K’ Jaliteng
    Syukur lah kalo gitu…mudah2an blog ini menjadi media silaturahmi bagi Anda semua. Selamat kang, ditunggu kabar inagurasinya. Salam ya ke mas happy

  96. Prazt says:

    Saya juga berminat untuk membeli engine guard, kabarin dong dimana tempatnya.

    Sekalian ada info bagi yang mo pasang box Givi, kuncinya gak bagus, referensi/ ulasan ada di http://iwanprazt.wordpress.com/
    tks.

  97. lering says:

    # Kang Prazt
    coba di kontak bu ayu rider cwe TMC Jkarta kang…fesbuknya ada koq

    Setelah baca di blog kang prazt jadi keder. Di komplen aja tuh ke compani box givinya…anyway thanks dah sharing. nice info!

  98. wira says:

    @lering
    diganti mi,karna perlu uang ey
    hehe

    Lering : Oke deh bro..memang hal ini dah jadi bagian dari hidup kita!

  99. Totok says:

    Mau tanya nih akang,
    Saya sudah mutusin mau beli TVS Apache,di dealer menawarkan yg CBU (th buat 2008) dan CKD(2009). Mau tanya nih apa bedakwalitas produk antara keduanya. Teman saya anjurkan beli yg CBU krn barang lgs dari sana. Apa benar ?

  100. Lering says:

    # Kang Totok
    Antara TVS Apache versi CKD dan CBU memang ada perbedaan, yang saya tau salah satu perbedaannya adalah letak no rangka dan warna painting khususnya di apache yang warna merah.

    Saya juga pernah menyakan hal ini ke sales dealer, selain kedua hal di atas, yang lainnya sama saja antara apache CBU dan CKD. Namun mungkin, secara filosofi menurut sya versi CBU lebih keren, karena langsung dari yang empu-nya bikin ni motor..

    Selanjutnya terserah Kang Totok

  101. Totok says:

    Terima kasih kang Lering,
    teman2 TVS Club Jogya juga nyaranin ambil yg CBU walaupun sy amati yang CKD buatannya lebih halus terutama di karet2 dan cat di Blok mesinnya kecuali rangka yg las2annya dikit kasar.
    Krn di dealer cuma ada warna kuning dan abu2 Sy akhirnya mutusin beli yg CBU (Grey)walaupun thn pabrikan 2008.
    Terima kasih atas sarannya….
    Salam Totok Jakarta Barat.

  102. Lering says:

    # Kang Totok
    Salam hangat kang!
    Ikut gembira dengan motor barunya..hehehee.. Selamat bersensasi dengan apache rtr kang!

    Untuk sharing seputar apache..selain di BLOG ini di JKT juga ada komunitas rider tvs namanya TMC jakarta silahkan kopdar,,,….monggo mas…lanjuttttt!

    sLAMAT YAH!

  103. yudhi says:

    “hehe,, :D akang, CBU & CKD apaan seh,,, sorry gag ngerti,,!! :D

  104. Jaliteng-Pwt says:

    # all Bro
    CBU CKD Bedanya di no Rangka kata Kang Lering, letaknya di mana yang CBU ama CKD, kalau punya saya tahun 2009 no. rangka ada di bawah stang tertulis secara vertikal, itu tergolong CBU apa CKD yah……..nuwun.

  105. lering says:

    NO rangka Apache versi CBU ada di bawah stang bagian kanan, versi CKD di bawah stang bagian kiri. perbedaan lainnya antara CBU dan CKD adalah terlihat perbedaan warna cat di apache warna merah, versi CBU..merah terang, namun versi CKD merah gelap/redup. Untuk apache hitam,,warna catnya dapat dikatakan sama antra CKD dan CBU.

  106. Totok says:

    Selamat beribadah puasa teman….

    Motor Apachenya udah dirumah ni, cuma 2 mgan lg stnk baru jadi. Informasi yg sy dapat dari bikers yg suka turing jauh biar motor lebih enak :
    1. Gear belakang yg standard 13 diganti sama punya kawasaki yg 14, biar tarikannya lebih halus dan panjang dan gak nyentak Pengaruh dimesin gimana ?

    2.Spuyer carb standard no 4? diganti lbh bsr ke nomor 5 atau 6 stasionernya gak getar dan mesin lebih halus.
    Apa gak boros ?
    3. Ban diganti katanya licin…

    4. Untuk yg suka touring ,Stang ada yg diganti biar punggung gak pegal
    5. Tambahin filter bensin ( Aslinya kecil ? )

    Sy sih belum ubah2 dulu takut garansinya batal dan juga kalo ubah2 gitu apa perlu ya..
    Sy nimbrung di Pamor Bandung, soalnya selama ini gua sering ke Bandung (Naik bebek Kharisma,seminggu 1 x capeknya duh..)
    Kalo stnk jadi mau kumpul juga di Pamor Bandung
    Salam Totok

  107. Kiki stoner says:

    Blum punya TVS nya euy… masih ngacai kepengen tapi duitnya nggak cukup…
    Kalau modif Naket RTR ada yang pake Fairing kayak Migelli nggak ya…>>>>>????
    Kalau naked seperti sekarang apa nggak masuk angin he..he…????

  108. yudhi says:

    oooo,,,, gtu yaa CBU & CKD,, hehehe nuhun tos di wartosan,, lumbayan tambah ilmu,, wkwkwkwk :D

  109. yudhi says:

    @k’lering

    punteun hilap,, sing enggal damang nyaa,, jaga kesehatan,, soalnya neh bulan puasa,,, :)
    moga lancar2 ajaa yaa puasanya,,

  110. arif says:

    ass.. alhamdulillah setelah mendapat informasi dari pamor tvs, apache saya tambah greeng.. tp masih ada yang mengganjal di benak saya.. apakah bisa velg apache di ganti dgn ukuran 17 klo gak salah kemarin punya kang roby velgnya ukuran 17 n tapaknya pun lebar.. peke acc motor apa ya kang? n apa aja yang perlu di ganti?

  111. Ricky says:

    Hallo…saya ricky pengguna apache
    motor saya udah pake exaust AHRS tipe Vector,kabel busi Max Speed….tapi perasaan masih kurang larinya apa musti ganti pilot jet satria uk 17 ato pake F1 uk 20???Akselerasi bawah nya ngabret tapi di atas agak terasa hampos kenapa ya???apa hatus pake saringan udara TDR juga??
    Jawag ok bro….thx….

  112. lering says:

    # K’ Yudhi
    Hatur nuhun kang. Amiinnn

    # K’ Arif
    Wass. Memang kalo ganti ban 17 berari harus beli velg se set kang 17 juga. Pake velg thunder aja kang ada yang lebar juga tapaknya dan pas dengan apache. Implikasinya..cakram depan juga harus beli lagiii kang klo ganti velg…

    # K’ Ricky
    Salam hangat kang Ricky,,,posisi dmna neh?
    Kalo akselerasi bawah udah ngabrettt..berari ga usah ganti pilot jet..tapi kalo maw ganti..cocok tuh PJ 17 satria..jangan terlalu keegedean dari 17..karena langsam apache jadi eror nanti…..pake saringan udara TDR kang..mantap..tarikan gas jadi enteng lohhhh…semoga membantu

  113. arif says:

    makasih kang informasinya… tarikan apache saya tu udah pas banget semenjak saringan saya ganti racing punya.. cuma saya masih penasaran klo saya pake PJ 17 gimana konsumsi BBM nya? borosnya jauh banget gak kang, trus dengan tarikanya apa nambah greng lagi… makasih banget kang udah bayak membantu… o..ya kang ada yang lupa saya tanyakan, apache saya kadang2 ada suara tik..tik.. klo di bawa pelan2 trus saya bawa k dealer kata teknisinya rantai temengnya mang seperti itu… apa iya tu kang?

  114. lering says:

    # Kang Arif
    hehehe…syukurlah kalo blog ini bermanfaat. Ya..memang saya juga merasakan hal yang sama ketika saringan udara diganti pake racing..lebih ringan tarikannya..siipp..

    Pake PJ 17 di apache masih oke2 aja kang ga ada maslah..konsumsi BBM sedikit agak boros..tapi ga papalah dikit koq ngepeknya ke BBM..tinggal set yang betul setingan karbunya…tapi PJ saya rekomen jangan lebih dari ukuran 17.5…coz langsam jadi eror…Pake PJ 17 tarikan bawah jadi tambah greng..ngepek juga lohhh ke suara knalpott..jadi lebih berisis..coba aja kang..PJ 17 di BDg sekitar 15 ribuan..

    ada suara tik-tik? seperti suara mesin juki ya?hehhehehe……..suara itu susah ngilanginnya kang..saya tanya dulu? pake oli apa? SSAE olinya brpa? pas inreyen..suka narik gas dalem or speed up to 60kpj?…jawab dlu pertanyaan ini yahh..ntar disambung lagi kang

  115. kz200 says:

    Apache sy msh standar, tdk ada yg dganti. Klo mo kenceng, stelan karbu hrs pas. Trus cabut aja econo nya. Pilihan oli jg hrs pas, pake sae 10/40. Trus pake pertamax. Cobain aja. Apache sy bs tembus ke 126 kpj.

  116. abang says:

    @kz200
    “Cabut aja econo-nya” tuh maksudnya gimana yah?

  117. abang says:

    Oh ya di artikel di atas, ban belakang 110/90-18 itu perlu ganti velg ga? Saya pingin ganti tubeless, setelah mengalami bocor ban tanpa sebab yang jelas bbrp wkt lalu.

  118. lering says:

    ban belakang 110/90-18 tidak perlu pakai gantai velg kang..mpe 120-18 juga masih muat koq!

  119. abang says:

    @lering
    Wah.. asyiik.. Langsung menuju toko ban.
    Eh menuju ATM dulu ding.

  120. lering says:

    siipppp..selamat beli ban deh kang abang

  121. septa says:

    apache saya baru 500km, sebentar lagi servis yg pertama.. mau nanya nih kang:

    1. untuk ganti oli,apakah saya harus pake oli yg lebih bagus atau oli yg dikasih dari bengkel? rekomendasinya pake oli merk apa??

    2. saya udh nyari2 anting2 yg kaya kang lering pake, cuma ga nemu yg pas. ada yg merk posh (dgn drat ukuran 14),sepertinya pas tapi mekaniknya ga berani pasang krn takut ga masuk drat as nya. yg kang lering pake itu merk apa dan ukuran drat brp?

    trims atas jawabannya…

  122. gerry says:

    salam tuk semua.,,,

    pa kabar PAMOR????
    duhh dah lama g nongol nich disini.,,
    ternyata perkembangannya cepat ya.,,hee.,,
    kapan nich Pamor k garut???dah ditunggu.,,heee
    oh ya kang lering ada perkembangan terbaru niwh.,,ternyata ban ukuran 140/70-17 battlax dengan velg 3,5 inchi bisa masuk k Arm orisinil Tvs apache.,,,beuhhhhh.,,,g nyangka bgt.,,kirain harus di ganti arm nya ehhh malah g usah ganti.,heeee.,,
    oh ya sudah tersedia velg merk V-rossi palang 3 ukuran 3,5 inchi buat Apache.,,saya juga pake.,,nanti saya upload.,mungkin z berguna buat inspirasinya.,
    thanks.,.,
    salam kejayaan.,,

    z 3633 EF

  123. arif says:

    saya pake oli PERTAMINA ENDURO 4T RACING kang oli ini saya pakai sejak servis pertama sampe sekarang klo gak salah udah +22000 KM. suara na keluar klo saya bawa pelan kira2 20/30 km/jam ataupun saat berhenti d lampu merah itu pun kadang2 kok kang.. tp klo di bawa ngebut top greng bgt… saya pernah coba ngetrek sama satria FU, v-xion dan megapro semuanya ketinggalan kang cuma pas sama RX king apache saya cuma menang start doang gigi 1 ma gigi 2 na doank slanjutnya ya ketinggalan.. hehehehe… apa ada oli yang akang rekomendasiin buat apache saya

  124. lering says:

    # Kang Septa
    Untuk service pertama sampe km 1000 saya rekomendasikan pake oli yang diberi oleh pabrikan yaitu Havoline Revtex SAE 20W-50 tak perlu yang mahal karena pada level ini mesin masih adaptasi..and dont forget..slow down kang! (selahkan liat posting khusus tentang oli ” memilih oli yang cocok di TVS Apache”)

    Saya lupa merk anting2nya tapi bukan POsh, sebagai clue jangan pake anting2 yang bagian lubang untuk dratnya dangkal karena bahaya shockbreker bisa patah jika bawa beban berat, cari lubang drat yang dalam. Sebagai info saya beli di Bandung di toko yang kecil koq..tapi memang harganya agak mahal sekitar 35 ribu ato 40 ribu..kalo yang biasa kan cuma 15 ribuan..cari aja yang paling bagus kang..

    # Kang Gerry
    Alahamdulialah baik! Salam hangat buat kang Gerry (Ketua TAC) kmana aja kang..dah lama yah ga nongol..hehheheh..ukuran ban 140/70-17 battlax dengan velg 3,5 inchi bisa masuk di arm ori?? setelan bannya mentok digeser ke belakang yah?? velg merk V-rossi palang 3 ukuran 3,5 inchi brapa duit kang, kalo yang 3 inchi brapa?

    Ditunggu yah upload nya disini..nuhun pisan kang! Salam buat rider2 macho TAC..we miss u! Salam Persahabatan!

    # Kang Arif
    Cuma mengingatkan…Hati2 yah kang jangan ngebut2 lohh..palagi klo sore2…hehehhe…saya mah udah tobat setelah tabrakan ga ngebut2 ahh……

    Untuk oli ada postingan khusus kang..” memilih oli yang cocok di TVS Apache” semoga membantu yah

  125. arif says:

    hehehe… makasi kang nasehat n informasinya.. apache saya udah tiga kali jatuh.. tanki udah penyut dikit tp gak kliatan kok hehehe.. mang agak trauma juga tapi mo gimana lagi sensasi berkendara dengan tvs apache membuat adrenalin n semangat nggeber mesin jadi memuncak… pa lagi klo ada yang mepet… hehehehe… sekali lagi nuhun pisan kang…

  126. septa says:

    sorry nih kang lering..
    masih penasaran soal anting2..

    kmaren di salah satu toko di jl.pungkur nemu anting2 yg biasa dipake tiger. hrgnya 35rb, tp mekaniknya g mau masang dgn alasan g bakal cocok katanya..

    saya liat anting2nya cukup meyakinkan, dgn perbedaan lbh pendek 1 cm dari anting2 asli apache.. yg kang lering pake itu kira2 lebih pendek brp cm dari yg asli? n kasi tau dong belinya di toko dan daerah mana..

    Trims !!

  127. lering says:

    # Kang Septa
    Saya waktu itu ga sengaja beli sepulang dari soreang, ya sekitar katapang lahhh..pokoknya bengkelnya setelah kuliner yang terkenal itu kang,,bang haji donald te…dari arah soreang sebelah kiri, bengkelnya castrol check point…ya memang anting2nya 1 cm lebih pendek kang..liat aja di pic..kan jelas tuhhh…tapaknya yang lebar!

  128. wira says:

    pengen motor apache anda kuencang n bertenaga?!
    pake part standar n setting yg benar

    menerima setting motor apachemu,sudah dicoba,terbukti kuenceng n mantabs tarikan tuh motor apache

    hub saya-domisili bandung

  129. agung says:

    salam apache rider!!nuhun kang lering numpang konsultasi nih.Sy di cikarang.bli bln juli kmrn.apache sy sdh berlari sjauh 8000km,kond std.oli pke castrol power 1 racing sae klo gk slh 10-40 kok agk nyaring mesinya y?kmrn dbwa pulkam ke banjarnegara,sy cb bw lari tmbs max 130kpj.tp blm ktm limiter sdh ktm mobil d dpn dluan.prnh sy gas statis rpm mentok di 11.500an rpm.ada srn dr dealer tvs cibitung.lo pgn enak pj dgnt dg ukrn 17,5.sy gnt sndr tp kok lgsm ngco ya?stlan anginya brp ptran kang yg cocok?mohon pencerahanya.oh y ban nya kok licin pisan y.prnh sy cb rolling speed..eh ban belakang nyalip duluan.cinta tnh air deh.he..he klo prforma yahud bgt deh.klo cm buat ngasapin”motornya lelaki”or”yg lain gk bs ngikutin”sih eces.tigi ja bs ngjr di gi2 6ny itupun krn apache hbs nafas.cb klo jmlh gi2ny sama,pst bs nglwan.BE FAST ,BE SAFETY…

  130. agung says:

    nuhun kang lering sy br gnt pilot jet jd 17,5 tp kok langsam ngaco.pdhl plt jet ori mikuni,baru.brp putaran si stlan anginnya??trims

  131. lering says:

    # Agung
    Salam Hangat Kang! Wilujeng rehat di blog na TVS Bandung…

    Noise (kebisingan) mesin memang sangat ditentukan oleh viskositas oli. Oli dengan SAE 10W-40 lebih encer jika dibanding dengan oli SAE 15W-50 atu 20W-50. Semakin encer oli maka komponen mesin bekerja semakin ringan, sehingga mesin terdengar lebih nyaring. So, bukan berarti kebisingan mesin tersebut dianggap sebagai suatu masalah di mesin Kang Agung. Just Info..skarang saya pake Oli AHM merk MPX1 dengan SAE 10W-30..oli paling encer yang baru dilaunching..lebih encer dari oli SAE 10W-40 yg notabene kang Agung pake..(Hehheee….noise mesin pasti lebih nyaring..tapi tenang itu bukan masalah koq!)

    Seharusnya aplikasi Pilot Jet 17.5 tdk mengganggu langsam, coz sya juga pernah aplikasi PJ 17.5 punyanya Satria FU yg Ori ga masalah tuh…nah untuk putaran angin ga ada yang pasti ukuran nya brpa bro..lebih enak dicoba-coba terus aja, jika dah selesai sama mekanik coba lagi masih ngaco..terus stel lagi sampe ketahuan langsam enaknya..(Yang ini memang..menuntut keahlian seorang mekanik TVS nihh….) Pake PJ 20 ke atas baru langsam eror nih…ga cocok di Apache..maksimal memang PJ 17.5..

    Tentang ban yang licin…Hehehee…Jangan tanya lagi deh kang Agung..ini memang maslah utama dan yang menjadi Pe Er besar pihak TVS. Soo..cepet dah ganti bannya….! Semoga membantu…Yang lain ada yang menambahkan silahkan……………

  132. teguh says:

    Waduh… kayaknya ada yg gak beres nih ma motor apacheku. Masak kemaren gw dihajar habis2an ma CS1. Top speed nya cuman mentok di 113 kpj. Padahal itu udah diservis lho. Bete euy..
    Kenapa ya ?? Sebagai info, tarikan bawah memang oke, tapi tarikan atasnya memble. RPM gak bisa lebih dr 9000 di tarikan atas. Di gigi 4, spped bisa mencapai 108 kpj, tapi kenapa begitu masuk ke gigi 5, tenaganya jadi melempem. Cuman mentok di 113 kpj. Keki abis deh…
    Trus oli juga sy pake shell advance vsx 10/40, bahan bakar pertamax n kabel ekono nya udah saya lepas.

    Btw, kalo karbu nya saya ganti pake karbu RX-King ato Kawasaki Ninja 150 RR, apa bisa menambah power apache gw ??
    Bantuin gw donk…. Gw jadi gk pede euy ngetrack ma motor sekelasnya.. Padahal sebelumnya motor apache gw bisa tembus ke 122 kpj.

  133. abang says:

    @teguh
    Sori, malah mo nanya bukannya njawab.
    “Kabel ekono” tuh yang mana ya?
    Inikah yang membuat apache serasa “pindah mode” kalau gas dipelintir tiba2 dari rpm 3000-an ke 5000-an ke atas?

  134. teguh says:

    #kang abang
    kabel econo terletak dbawah tangki bensin. lepas aja socketnya. kabel itu brfungsi untuk mnghemat bhn bakar. jk kabel itu dlepas, power apache akn bertambah.

  135. abang says:

    Berarti harus lepas tangki ya kalo mau liat atau nglepas? Pantesan ya si apache ini bisa seirit bebek.
    OK deh thanks infonya. Nanti kalo butuh ngebut akan dicoba.

  136. Laksito says:

    Kang Fahmi & Saudarasaudara yang terhormat,

    Jangan lupa, ya, untuk membaca serta menelaah UU No. 22 Th 2009 ttng Lalu Lintas & Angkutan Jalan yg baru ….

    Terima kasih ….

  137. arif says:

    ass… apa kabar kang khususnya pamor TVS? da lama gak ngobrol2 lagi ni… mo nanya lagi ni kang boleh ya? gini kang stang apache saya sering terasa longgar semenjak jatuh kemarin… sering saya bawa ke bengkel tp setelah di perbaiki y balik lagi longgar lagi… kira2 solusinya gmn y tu kang? mudik dengan TVS asyik.. banyak orang yang nanyain… soalnya di kampung saya gak da TVS… eh kang kemarin waktu saya ngobrol2 ada mekanik yang nawarin karbu piston.. klo TVS kan fakum punya.. klo di ganti apa gak pa2 tu kang?

  138. bro anto says:

    I LOVE YOU FULL..BLACK APACHE..HEE
    Sy pernah memimpin sebuah komunitas BRC dpk, setelah tinggal di bogor. sy lepas jabatan KETUM. sekarang sy tdk punya komunitas apapun..bahkan setelah sy punya 2 motor touring, thunder dan apache RTR yg sporty..kemanakah kan bergabung? minta saran dong? Trims

  139. Adhit says:

    Salam Kenal Brother…….!!!!

  140. teguh says:

    #bro anto
    Coba hubungi kang oudry di TMC Bogor.

  141. teguh says:

    #bro anto
    Ato bisa juga hubungi sahabat kita yang namanya sendy. Telpnya 081218845651. Insya Allah mereka akan menerima dengan tangan terbuka kang. Bilangin aja dikasih oleh PAMOR TVS Bandung. OK!
    Selamat bergabung kang. Semoga akang bisa sama2 berjuang dengan TMC Bogor.

  142. K 4126 LP says:

    Salam knal Brother2 semua…..
    aq mw tnya nih…..
    Klo mau Bore Up Apache, enak’y dikasih piston apa ya…???
    Cz, aq ingin Red Apache-ku jd lebih ganas.

  143. Teguh says:

    Apache gk prlu di bore up. Cukup ganti pilot jetnya dgn ukuran 17.5 pnya yamaha force one, trus ganti saringan udara dgn racing merk tdr. Setting mesin n tekangan anginnya hrs pas. Trus pake oli yg cocok. Dijamin apache kt bs tembus ke angka 126 kpj.

  144. K 4126 LP says:

    Kalo saringan udara racing merek TDR harganya berepa Bro ?

  145. teguh says:

    #k 4216 LP
    Saringan udara merek TDR di bandung harganya 100 ribu.

  146. K 4126 LP says:

    Thanx ya Bro atas Infonya….

  147. K 4126 LP says:

    Sorry Bro ganggu lg……
    Aku mau tanya, klo diameter Seher Apache brp ya ??
    and klo sama Mgapro Gedean mana ???

  148. arif says:

    #teguh
    kok sama Cs1 bisa kalah kang? mungkin cs1 nya udah gak standar lagi mesinya.. saya juga pernah trek2an ma cs1 waktu itu posisinya sama2 boncengan n sama2 standar mesinya.. tp bisa alhmdulillah ninggalin cs1…

  149. arif says:

    salam para pengguna tvs apache… tolong salurkan keluhan2 anda di sini sesuai dengan yang anda alami dengan apache anda, mudah2n dengan adanya keluhan2 ini akan menjadi pelajaran buat produsen tvs, semoga tvs kedepan semakin tangguh di jalanan..

  150. Prazt says:

    berdasarkan pengalaman, setelan Apache mudah berubah, ga tau apa krn carbu kotor, atau yang lainnya.
    kadang habis di servis top speed bisa 125 kmph dgn tarikan cepat, tapi beberapa minggu kemudian cuman bisa lari 105 kmph aja, itupun akselerasi dah gembos…. lama naiknya.
    butuh pencerahan nich…..

  151. MoXo says:

    @Prazt
    coba ganti klep, karena pengalaman punyaku juga seperti itu setelah kilometernya agak banyak(6ribuan). kata temen-temenku sih karena klep Apache ada apanya gitu(ga ngerti bahasa tentang mesin) yang ga tahan panas tinggi dalam waktu lama sehingga kalo udah dipake cukup lama bikin setelannya gampang berubah, kalo punya temenku diganti pake punya Kawasaki n katanya hilang masalahnya. tapi aku sendiri juga belum nyoba ganti sih.. tapi patut dicoba..

  152. abang says:

    Tak terasa.. Apacheku udah memasuki KM 10.000+
    Apa yang harus dicek biar tetep okeh..

  153. iyaz says:

    alat alat onderdil yang baru nyari di situs apa sihhh?????

    kasih tau ya?

    kirim ke fb w aja!!!!!

    fire_lord_yaz@yahoo.com

  154. arya says:

    salam kenal,

    ane mau nanya2 dikit nih, kira2 budget buat modif tuh red apache berapa ya?

    trus onderdilnya apa aja yg diganti?

    mohon sedikit pengarahannya buat modif motor ane. motor ane apache yellow taun 2009.

    thanks,

  155. arif says:

    salam apache… saya mo curhat ni, apache saya setelah 10000 km saya ga pernah lagi stel klep, alhamdulillah stelah 45000 masih greng, dan setelah saya pake pilot jet ukuran 27 (satri FU extreme racing) langsam tetap normal, BBm pun lumayan irit, dan saya juga pernah lepas boster (pengirit BBM) apache ternyata, tenaga tambah spontan dan top speed 140 km/h (bobot badan 63kg dan ukuran ban depan 80/70(mizzle) blakang 90/80(mizzle))… hebat… semoga apache2 lainya dapat merasakan hal yang sama…

  156. adi says:

    salam knl para pamor tvs!sy pengguna tvs apache black batam,udah pake 1.5 thn.selama pake sich gk ada masalah,cm spedonya aja yg sering eror pd pengukuran bbm sm jam nya srg ngaco.minggu kmrn,iseng2 sy bc blog ini ttg modif ringan trus aku coba deh!pertama aku ganti gir dpn dr ukuran 13 jd 14 kt mekaniknya sich punya ninja,trus ganti pj jd 17.5,tarikan agak mending udh bs lari max 128km/jm,tp di saranin sm mekanik klo mau tmbh galak hrs ganti busi karisma racing merk denso iridium sm ganti saringan udara yg racing,trus sy ganti dah semuanya.terakhir aku ganti batok lmpu dpn spedo di lepas,pake lampu supra x125 aku modif sendiri.prasaan apacheku lbh sangar gt.mengeneai tarikan,bnr lebih mantap.kmrn aku br coba adu trek sm satria fu 2009 py tmn yg standart,emang dia gk bs mgejar lg,klo dl aku sering di asapin ama dia.mengenai kec max aku udh gk tau soalnya spedo udh aku copot.tp aku ty sm tmn satria fu yg aku ajak trek,spedo dia udah130km/jm.thanks

  157. kevin says:

    Salam kenal, saya pengguna tvs apache di tangerang bermasalah dgn gir yg berisik (mungkin karena uda lancip)untuk gir belakang menurut mekanik tvs bisa dipakai punya vixion atau rxz, uda ada yg pernah coba gak? thx bro atas informasinya.

  158. septa says:

    salam apache teman2..!!
    saya pengen ganti ban dengan yg lebih lebar tanpa mengganti velg standard. ukuran maksimal ban belakang yg muat di apache brp ya?
    kl pake 130/70-18 muat ga? saya cari yg ukuran 120/70-18 kok ga nemu ya? apa ada yg pernah nyoba pake ukuran itu & apa merk bannya? soalnya saya cari2 belum nemu jg..

  159. ubay says:

    mikum..
    punteun kank, saya bingung nich entah mw ngadu kemana..
    apache saya dari awal datang kerumah di bogor, shock breaker depan dah kerasa gak berez. dah dibawa ke dealer Xmalang n dioprek-oprek ternyata gak bisa dibenerin. katanya bisa diklaim, tp dah sebulan dicuekin nich.. yah janji tinggal janji, apa gara2 beli di dealer bogor truz gak bisa klaim di lain dealer ya??
    kpala mekanik bengkel Xmalank bilang bisa diklaim disana, tp sampe skr sms aja kagak dibales.. tuluuuung lah aq…
    tengkyu sa’teuacanna..
    hampura bisi aya salah kata…

  160. albert irwanto says:

    salam semua pamor bdg,mau curhat dan minta saran
    apache 9200km putus gila pas malem2 untung ad tmn modif kabel econo sambung ke karbu .kabel gas gila kualitas kabel gas apache jelek banget,kabel kopling jg rambut ada beberapa yg putus….untuk gas aku dah pke suzuki fu150 pas banget dan aku bandingkan lebih tebal kawat bajanya….
    fu150 indopart 24ribu lokal sgp 55ribu ori
    kl kopling yang sama apache apa ya kang?….(japan only)

    o ya aku iseng2 ganti karbu rxking dan hasil gila rpm gue karbu stdr mentok 9000rpm,skr mentok 12000rpm gila…..apakah berbahaya untuk mesin?cdi apache di limit g yah ko brutal gitu?…..

    o ya minta saran seting mikuni 26 king aku skr dah enak ga ada berebet pj 22,5 mj 140 tp ada kurang busi g coklat masih item minta saran aku pake pj ama mj berapa?….

    untuk top speed blm aku tes soalya tenaga atas panjang bener ampe 12000rpm kemren di cimahi g dapet gigi5 udh 3/4 keburu depan rame……

    1 lagi minta saran untuk ubah setingan suspensi depan d rpm 10-12 rebu tidak stabil getaran stang…
    apakah harus tambah oli,atau ganti per,atau di ganjal untuk hasil lebih hard tidak terlalu empuk?…

    sekian kang minta sarannya….makasih..

  161. albert irwanto says:

    o ya lupa satu lagi share kl agan ada resistor led belakang udah hangus ganti ajah ke toko listrik resistor 68ohm 5wat cuma 500perak itu dah awet.aslinya 60ohm 1,5wat.jarang jual.

    kl ad bilang mekanik tvs gpp bohong,terus kl diubah jd searah rangkaiannya itu tolol(hal simple di bikin sulit)…sori agak emosi ini pengalaman aku,taya dealer harus beli 1 set 250rebu buset,taya mekanik gpp(gue g percaya) terus taya mbah google bener di forum kaskus ad mati lednya,taya lagi ke sukucadang sama pada g tau,akhir gue minta liat led yang baru. baru tau itu 60 ohm(biru coklat hitam)

    awet g awet tergantung hoki,kl sering bwa malem dan byk rem/kena macet jamin aku 8 bulan hangus aku sendiri.
    hal simple tapi kl udah ganti led 250rebu bukan hal simple….
    maaf kl ada tersinggung cuma sharing ajah makasih..

  162. abang says:

    thanks sharingnya bro albert

  163. Sudar Valentino Yanto says:

    @ Septa

    Red Apache-ku pakai ban FDR belakang 110/80/18 dan depan FDR 110/70/17 … kalau loe suka yg depan bisa agak kecil 90/70/17 … FDR oke..bro.. melekat di aspal oke banget… kondisi hujan tetep oke….Utk BBM aku pakai super shell… lebih bersih dan irit.

  164. Adit says:

    Asslam,
    Salam knal Brother’s,
    aq pengguna Red Apache dr Purwodadi JaTeng.
    aq mau mnta saran nih, aq pengen ganti velg 3,15″ ring 17, cocoknya di kasih punya motor apa ya ??
    Mohon dibantu….. :-)

  165. lering says:

    # albert
    Untuk tali gas yang putus, menurut hemat saya secara quality sudah cukup bgus, klub pamor belum ada yang sampai putus gtu kang…Ada beberapa faktor yang memicu hal tsb terjadi, diantaranya :1) pemasangan kabel gas yang cenderung kasar oleh bengkel ketika tune up rutin. As we know,,,ketika tune up tuh si kabel gas di bolak balik ketika dikaitkan ke pengait gas, nah sewaktu instalasi tsb…sering saya perhatikan para mekanik sering terlihat absurd terhadap kabel gas…alhasil kabel gas cepet aus kelenturannya….2) rajin-rajin lah melumasi bagian kabel gas dengan cairan seperti “chain lube” supaya kontraksi kabel lebih smoothhh….sama halnya pint 2 dengan pemeliharaan rantai……….

  166. abang says:

    @kang lering
    Good to see you back again !

  167. lering says:

    # brother abang
    waduhhh….brotha tauuu aja …miss u kang…nanti setelah august saya back again secara vol…

    Doain bro semua tugas studi saya beres akhir juli 2010 ini…amiinnn

  168. arif says:

    untuk mas adit di purwodadi jateng
    pake acc punya suzuki thunder 125 mas cuma cakram depan di ganti

  169. iyank says:

    kang saya pengguna apache dah setahun lebih,.pengen bgt di ganti monoshock ama upside down,.ada info bengkel modifikasi dibandung yg bagus dimana

  170. Adit says:

    @Kang Arif :
    makasih ya kang….
    Oz, mau nanya,,,, kalo karbu Rx king brpa ya..??

  171. arif says:

    kang adit : apache saya sekarang udah gak perawan lagi… piston udah ganti punya tiger kampas kopling pake punya GL racing nagata, per kopling pake punya ninja, karbu saya pake PE 28… kemarin nyoba pake karbu king yang thai punya tapi gak bisa langsam.. perbedaan bahan bakar bagi saya gak terlalu jauh klo standar saya full tank cukup 1 minggu tapi sekarang 5-6 hari aja tapi perbedaan tenaga jauh bgt… tinggal ganti CDI racing tapi kata mekaniknya api dari CDI standar apache udah cukup gede.. cuma buat kohar (korek harian) doank…

  172. Adit says:

    @Kang Arif :
    klo ganti Piston Tiger, Kmpas Kpling GL, Per Kpling Ninja, Karbu PE 28 Smua abis dana brpa kang ??
    tolong dikasih list harga’y ya…..
    oz, misal’y klo gak pakek Piston Tiger gmn kang ?? Tapi pkek Piston Satria F…….

  173. arif says:

    kang adit : piston tiger sekitar 200 – 300rb, kampas kopling sekitar 60-75rb, perkopling ninja atau juga bisa pake per kopling shougun sp 125 tu sekitar 90 – 120rb, karbu PE 28 klo yang thai punya tu sekitar 600 – 700 rb tp yang jepang punya sekitar 1,9jt… klo masalah ganti piston punya tiger lebih gede dari pada FU, dari pada pake punya FU mending pake yang aslinya aja.. tapi sebetulnya gak pakek ganti piston juga gak papa.. ganti aja karbu,kampas ma per kopling.. spontan juga tuh ntar larinya…

  174. Adit says:

    @Kang Arif :
    Terimakasih banyak ya kang atas infonya….

  175. haykal says:

    saya ganti karbu tdr racing pe 28 , filter racing , n gas spontan, ko palah kecepatannya menurun drastis,.
    yg standarnya 121 km/h, tp skrg cma 112 km/h.,
    knpa bsa bgtu y.,??

  176. albert irwanto says:

    @lering
    thks infonya bro,tp kabel gas tvs lebih kecil dr satria 150 yg aku pake skr.
    @haykal
    yakin tuh setingan pas?nembus 9-12rb rpm g?coba liat busi item ap coklat,min dioda tengah coklat.
    dulu aku pke pe tdr mesin panas langsam berubah,tdr bukan ori,coba pke pe 2nd honda nsr,atw sudco jamin asli
    skr aku pke karbu king biar 2nd tp ori makyus,hahaha

  177. arif says:

    @ haykal, cuma 112 km/h? ada yang salah tu mungkin.. aku pake PE thai punya, semenjak ganti karbu langsam pas, sekali starter atau engkol langsung rata langsamnya, gak naik turun, busi jadi warna merah batu bata.. mungkin ada yang salah settinganya..

  178. Adit says:

    @ akang2 smua’y : Salam,,,,
    sya mau mnta saran’y nich…
    sya pengen ganti velg jeruji dpn & blkang bwat apache’Q, cocok’y di kasih acc tromol mtor apa ya ??
    and, apa aja yg prlu diganti ??
    mohon bantuan’y……:-)

  179. arif says:

    adit : klo mo pake jari2, klo untuk yang depan gampang nyari tromolnya.. pake honda supra paling pas… tp yang belakang rada susah nyari nya… klo ada juga jarang pake tromol thunder yang jari2.. tpi klo gak ada ya pake mega pro atw pake punya ninja s

  180. Anonymous says:

    akang smuanya aku mau tanya pengen ganti velg lebar 17 buat belakang,.cocoknya pake apa,.and rujukannya juga bengkelnya yg bagus buat pasang velg nya

  181. Adit says:

    @k.arif: makasih ya kang…..
    mo nanya lg nich…
    klo pkek karbu rx king, PJ & MJ nya pakek yg ukuran brp ?
    mohon bantuannya……..

  182. arif says:

    anonymous : klo mo pake velg lebar 3.00 pake punya acc thunder 125 pas bgt… buat rujukanya tergantung cari yang udah terkenal aje… gampang kok masangnya klo mau pasang sendiri juga bisa… Plug and play… hehehehe..

  183. arif says:

    klo mo pake king di saranin pake yang ori aja soalnya klo yang biasa atau yang thai punya susah langsam, terus klo mo pasang perlu di papas dikit lubang intake nya biar pas masuk ke leher blog, tapi king ukuranya 26 sedangkan apache 28, perlu teknisi yang handal dan berpengalaman. udah mending pake TDR PE 28 aja deh atau klo kantong lagi tebel pake punya AHM PE 28 juga lebih bagus hehehehe… di jamin maknyus

  184. yuki says:

    saya punya apache 160,tapi kalau dikecepatan 80 keatas stang kaki belakangx bergetar banget.kira2 gimana mengatasi solusix.
    apa maksud kl lampu kunci pd spedo menyala.apacheku kl di onkan lampu kuncix berkedip.
    harga standar tengahx berapa.soalx puxa saya udah hilang.mohon bantuannya.

  185. monica says:

    tvs

  186. kris says:

    selamat siang om.numpang nanya tu buat ganti velg sprint ring 17nya.tu buat dudukan kabel speedometernya gak diubah?langsung PnP ma velgnya?atu maen bubut??thx. mohon pencerahan nie..:)…kan mungkin beda tu dudukan buat dudukan speedo di velg antara yang orsi ma aftermarket..:D

  187. subkhan says:

    met kenal kang ne we pengguna baru apache apa oli yg paling cocok buat ni mtr

  188. Salam kenal juga…..kalau aku ydah cocok ama Shell AX7 10/40……Halus buat mesin dari putaran bawah sampai atas cuman dah ganti PJ 17,5 ori punya F1Z…..saringan udara di lepas ( Resikonya karbu cepat kotor )……asal spek untuk oli 10/40 dah oke cuman ketahannya masing2 merk oli beda2

  189. Anonymous says:

    emmm mo nanya ne kang kabel econo tu yg mana ya kang katanya di bawah tangki tp ku binggung yg mana coz banyak kabek n socket juga seh
    eh kang abang ne smg nya mana yach ada yg tau pengen sharing kang

  190. zaqlutv says:

    alo kang herry/lering..
    saya masih baru dalam dunia perapachean :oops:
    anu, anting2 apache itu ganti pakai merk apa yach? memang bisa diganti? kata mekaniknya udah dibikin paten gak bisa diganti..
    ditunggu pencerahannya..

  191. rudi says:

    mas tolong saya…
    motor TVS saya spedo meternya mati total…tapi kadang2 hidup lagi seperti semula..trus mati total lagi..
    tanya sama orang bengkel katanya sparepark tidak ada …gimana cara penangulannya ..mas

    Hidup Apache

  192. Tanto Apache says:

    Masa sichhh ngga ada …emang di dealer mana tuchhhh ?????

  193. rewd crocholatozt says:

    klo ada dari pihak Apache yg membaca posting ini…saya sedikit merasa kecewa dengan salah satu pelayanan dealer…khususnya yg ada di Kota Jepara…
    suda tiga kali saya mau service rutin disitu, tapi mekaniknya ga’ ada terus saat jam kerja…
    tolong komitmen’nya

  194. Adit says:

    Untuk akang-akang semua’y….
    saya mau tanya nih kang,,
    klo ada yang tau,,,,
    brpa ukuran PJ & MJ yang pas buat karbu PE 28 jika dipasang di Apache….????

    Apache saya pakai piston tiger Os. 50….

    Mohon bantuannya….

  195. wendri herman. says:

    Ass…,, saam kenal semua..,,, mohon bantuan : saya memakai motor TVS apache 160, masalah pada motor saya adalah…tenagany semakin melemah…sedikit melewati pendakian klepnya langsung bunyi padahal sudah posisi Gear yang rendh…., bgt juga saat jalan datar dg kecepatan 60-70km/jam dengan posisi gear (Gigi) 4 &5 klepnya jg sudah langsung bunyi…,, padahal saya sudah servis dan posisi setingan klep sudah sangat standar. memang saya servis bukan di tempat resmi TVS krna saya tinggal di Kota Padang (sumbar). kebetulan di padang dialer TVS sudah tutup…dan tempat servis resminya jg tak ada…,,, mohon bantuan…rekan2 semua sesama pengguna TVS..apakah yang salah pada motor saya…,,, makasih.

  196. Adit says:

    Wendri Herman : Coba di’Cek Head silinder’y om,
    kemungkinan Bush Klep’y dah gak Span lagi alias kocak…. :)

  197. opexsmast@yahoo.co.id says:

    wah kayanya harus kuda nih wkwkwk

  198. rudy says:

    dealer cabang Jepara’nya malah sekarang tutup…kemaren dapet sms dari salesnya, klo mau servis harus ke dealer Kudus…..weleh2….

  199. newbie says:

    permisi akang2 sekalian..
    numpang tanya..
    club tvs di medan ada ga??

    ohh iya..
    kalo apache bagusnya di modif di km berapa Ya??

    ditunggu loh ..

    salam apache

  200. opexsmast@yahoo.co.id says:

    mau tanya nih….klu oli yg bagus setelah 500 km nanti apa ya…biar enak pindah giginya ,tarikan ringan dan mesin ga cepat panas.

  201. rivandi says:

    saya rivandi di jkt,saya sudah pakai rtr 160 lalu bli rtr 180 tp kendalanya masih sama,masalah kopling suka slek dan suka susah netral,tolong infonya tentang masalah ini,pin saya 25DB738B atau via email/chat rivandi_the_cure@yahoo.com

  202. muyie says:

    slm kenal bray, q pk apache 180,ceritanya nic pilot jet_nya mau tak ganti pny F ONE setelah q lihat bentuknya kok sama aja sama persis tak kurang sdikitpun sm yg bawaan apachenya,,akhirnya g jd tak ganti…

  203. Anonymous says:

    alo kang.. numpang tanya untuk pemasangan air filter-nya apa bisa ditutup lagi dengan tutupan bodiny? thx

  204. fauzi says:

    mz udah 4th lbih mtorq g pernah di servis tp msh enak tarikannya…
    cm kendalanya sekarag mtorq sering mati sendiri pas di tarik gasnya..
    yg bermasalah kontakx yg dol atau sensornya yg gangguan…makci mz

  205. NicoR says:

    Akang2 sklian..
    Sya apachers dr jogja nih..ehehhee..
    Mw tny ad yg jual ttup knlpot apche ga?

  206. DEDI says:

    Assalamualaikum. gan< tanya neh lou mau pesan kaos paguyuban TVS kemana gan,,,?

    Pokonya dari saya selalu inovatif terus TVS semoga selalu jaya….

  207. zaenal abidin says:

    salam kenal
    untuk perbaiki lampu belakang gmana caranya?

  208. saya punya keinginan buat club TVS apache 160 di kota Bengkulu,,,,
    mohon dukungannya
    mohon add facebook saya Gyfandie Putra n tulis pesan di kronologi y

  209. riza says:

    Kang mau tanya kalo shock breker nya di rubah jd monoshoch bisa gk tuh…..

  210. riza says:

    Kang kalo shock breker diubah jd monoshock bisa gk

  211. salam kenal bro saya pecinta apace dari jogja,,,,kalau pingin di ganti monoshock rumit gak ya….

  212. librek says:

    mas sayap tvs rtr 160 brp hrga ny sekarang

  213. sendhy says:

    saya puya motor tvs 20o9,,klo pake pairing bisa ga yaa???kalo bisa pake pairing apa cocoknya ??dan di bandung dimna???

  214. ahmad condro says:

    apache ane..klo 2hari g dihdupin..mesin kaya ngempos gitu. klo d starter kick di pake ga bisa dihidupin n trasa ngeloss. Tp lama2 setelah pegel “nyelah” akhirnya motor bisa hidup.
    knp y bisa bgitu n ap yg harus diperbaiki? mohon pencerahanya..thx!

  215. adith says:

    kang, ane mo nanya info seputaran knalpot apache, ane rencana mo ganti knalpot racing.
    utk knalpot racing nya apache bs didapet dmn ya?
    lokasi ane d jakpus..
    tq buat info nya

  216. Agustio says:

    Assalamualaikum bang…salam genal ane GERTAK
    (gerakan rider TVS anak kuningan)
    motor ane TVS RTR 160…bermasalh denan comstir klo di kanibalin cocoknya pake apa y bang?

  217. Marlius says:

    Saya ada beli motor tvs 160 RTR.jadi rencana saya mahu modip ringan.kira2 berapa sih dananya. Saya di kalimantan barat

  218. Abu says:

    Kalok yang jual suku cadang tvs apache di daerah semarang ada ngak?

  219. abi abu says:

    Oya ni no aq 085349725796 sebelumnya makasih, salam hangat TVS mania

  220. Abi says:

    Yang butuh sparepart tvs atau mau konsultasi & tanya2, masuk ke grup facebook solusi sparepart bro…

  221. Abi says:

    Group Facebook “Solusi Sparepart TVS”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s