Berbagi tips Merawat Motor TVS yang Baru Saja Dibeli

Posted: July 1, 2009 in tips dan trik
Tags: , , ,

Mendapat motor baru tentu saja suatu kegembiraan yang tiada tara…baik itu cash maupun kredit. Satu harapan ketika motor baru sudah di rumah adalah motor tsb tidak rewel alias nyaman, tdk ada keluhan yang fatal yang seharusnya memang tidak terjadi pada motor baru. sharing kali ini adalah bagaimana seharusnya merawat motor tvs yang baru saja kita beli baik itu apache maupun neo atau rockz.

Motor baru berarti pula semua komponen di motor tsb adalah baru. Hal yang paling urgen dalam perawatan motor baru adalah merawat mesin. Hal ini disebabkan mesin sebagai jantungnya motor. Mesin pada motor  baru ada dalam kondisi inreyen. Keawetan mesin salah satunya sangat ditentukan oleh cara berkendara pada waktu mesin inreyen. Berikut adalah beberapa langkah sederhana namun penting dalam merawat motor tvs yang baru saja di beli:

1. Selama mesin inreyen (o-1000km), berkendaralah dng speed max 60 km/jam.

2. Berkendaralah dengan lembut, narik gas secara perlahan2 juga dalam pergantian gigi

3. Gunakan oli dengan kekentalan yang tinggi, misal (20w-50 atau 15w-50). Hal ini karena dengan oli yang kental    lapisan film yang ada di dalamnya lebih tebal dan cocok untuk melindungi komponen mesin yang baru. Setelah lewat 1000 km rekomend sihh pake oli 10w-40 atau 15w-50.

4. Cepat ganti oli setelah 500 km, karena adanya deposit dari komponen mesin yg baru.

5. Jangan biarkan bar indikator bensin sampe habiss..karena motor jadi ndut2an..

6. Pakailah kick stater untuk pertama kali start di pagi harii

7. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lamalama cukup   1-2 menit agar sirkulasi oli bisa merata

8.  Tahan emosi kita..perhatikan point 1 dan 2 di atas…

9.  Kalo sudah lebih dari 1000 km..silahkan untuk di test mpe polll juga…tapi hati2 ban nya licin!

Comments
  1. ibonk says:

    menarik kang tipsnya, tapi kok saya malah dapat info kalo mau mesin motor awet dan oke… malah dari awal ketika inreyen kita geber2 gas alias main rpm tinggi dan engine brake… alasannya mesin motor sebelumnya pasti sdh di test dengan rpm tinggi di pabrik..kemudian agar kotoran di mesin bisa rontok.. sehingga ketika servis pertama hasilnya dapat maksimal… jadi bingung yang bener yang mana ya ???

  2. abang says:

    Iya bener. Saya jg bingung dengan 2 ‘aliran’ inreyen motor baru. Yang satu nurutin buku panduan seperti artikel di atas — aliran halus. Yang satu lagi aliran ekstrim (break in).. Pernah baca artikel ttg ini, tp musti cari2 di bookmark dulu.

    Let’s discuss about it..

  3. abang says:

    Ini ada sedikit bahan bacaan:
    http://www.mototuneusa.com/break_in_secrets.htm
    http://www.lazymotorbike.eu/motorcycles/breakin/

    Dan siang ini apache sy udah datengggg..
    Kayaknya inreyen-nya sesuai anjuran pabrik aja deeh..

    Mmmm mau dikasi nama apa ya apache ini…

  4. raja says:

    # Bro ibonk & abang
    Kalo menrut gw, mesin inreyen langsung maen rpm tinggi…ntar amburadol dong..maksudnya yah ga akan amburadul langsung..tapi kayaknya umur mesin tersebut dibawah 5 taon…

    sebagai pengalaman aja nihhh..mobil great gw 5 bulan yang lalu turun mesin nihhh…klep, ring saher, stang saher,,,pokoknya semua jeroan mesin diganti dengan part yang baru…oya gw overhaul di bengkel resmi toyota..ketika selesai semua..kepala bengkel nlp gw supaya menyaksikan pas mesin nyala pertama kali setelah overhaul. Ya gw kesana..stelah mesin nyala kira2 10 menit..ya gw langsung bayar2 dan gw langsung maw bawa itu mobil..tapi kata kepala bengkelnya jangan dulu dibiarin aja 2jam dihidupin terus dengan posisi langsam gtu..gw tanya kanapa selama itu? Dia bilang karena mesin jadi inreyen lagi jadi harus pelan2 dulu sebab jerroan mesin blum sempurna untuk dipakai..dia bil;ang juga nanti mpe 500 km jangan maen rpm tinggi…speed jangan lebih dari 80km…

    Dari pengalamn gw diatas so gw pilih yang aliran halus dehh kagak yang bro bilang aliran ekstrem, soalnya masuk akal banget!

    Dan yang harus diingat,,,maw percaya ama buku panduan yang bikin produsen motornya yang mnrt gw yah dia kan pasti paling tau cara mrawat mesin atau…atau tidak??? capee dehhhh

  5. abang says:

    Iya bro.. thanks pencerahannya.
    Ini saya baru jalanin sesuai buku panduan.. 1000 KM pertama jangan lebih dari 50km/h. Hmm ternyata gak tahan juga ya naik apache dgn speed 50km/h …

  6. raja says:

    hahhahaha……ga tahan broo….sama gw juga gitu dulu….dah dikasih nama lommmmm?????

  7. batagor ihsan says:

    Aduh motor indreyen itu kan kayak gadis perawan… kalau dipaksa malah jadi amburadul boro-boro nyaman dipake yang ada membleh…. bener nggak

  8. abang says:

    Bener2 ga tahan Bro..
    Di jalanan sering diprovokasi sama si 160cc, 150cc injeksi, bebek 150cc DOHC, 200cc mata asimetris, dan si 225cc. Diajakin lari2. Tapi saya bilang ‘tunggu saatnya’ hahaha..

    Hmmmm sbnrnya sih alirannya ‘santai driving’.

  9. M364N says:

    indreyen buat mtr baru aja kang,tapi pengalaman saya beli motor apache baru dikirim dari dealer pasteur siang hari kerumah langsung sore hari saya langsung test dijembatan pasopati tarikan dengan teman saya yang bawa ymh “V” 150cc lumayan kang bisa meneng padahal motor baru dikirim kang…..jadi menurut saya motor/mobil itu sebenarnya jarang ada yang indreyen kenapa saya bisa coment begitu?
    pas saya kunjungan ke pabrik TVS semua motor yang mau didlvry semuanya tuh diuji coba ditrek yang khusus untuk kecepatan tinggi sebab dia akan uji keseluruhan fungsi2 mtr tsb baik rem,akselerasi maupun komponen kelistrikannya.
    yang penting pada saat motor baru itu tiap bulan diusahakan untuk ganti oli dan ganti saringan/filter olinya,dikarenakan didalam mesin banyak gesekan2 yang menimbulkan adanya gram2(serpihan logam) yang akan meengendap di mesin,tetapi dengan 1bulan sekali oliny/filternya diganti maka otomatis gram2 tsb akan terbuang. mudah2 coment saya benar tapi klo ada yang coment lain silahkan ya……

  10. abang says:

    Emang tahan ya pake motor balap gini disuruh 50 kmh terus di 1000 km pertama?
    Hahaha…

    Tapi ternyata apache ini punya 2 kepribadian deh. Di 4000 rpm gigi 4/5 jalan santai suara mesin & knalpot alus benerrr.
    Di atas 7500 rpm keluar deh sifat lainnya… Monster!

    (sebenarnya di 5000 rpm mulai bimbang memilih kepribadian — stang geterrr)

  11. Jaliteng-PWT says:

    betul kata kang abang, di rpm 4000 suaranya alus bener, rpm 5000 bimbang, gak tahan jadinya tambah rpm, alhasil edan ngiprit keluar sifat sejatinya……….tapi masih reyen jadinya pelan2…tp bener memang ga nahan jalan dengan speed mak 60 km. kang di buku manual speed mak 50 km/jam, di tread kok 60 km/jam. saya ngikuti yang 60 km/jam abisnya kalau yang 50 km/jam gak kuat. yang bener yang mana ya……nuwun……

  12. Jaliteng-PWT says:

    si jalitengku gigi satu ama dua kok nafasnya pendek banget ya, sama agak ndut2 kalau baru dipakai……mohon pencerahannya.nuwun.

  13. Lering says:

    # K’ Jaliteng
    memang apache nafasnya pendek kang..solusinya..gir depan diperbesar sizenya naik satu, 14 apa 15..lupa coz gir depan saya juga dah diganti sama gir GL Pro merk indopart..harganya 30 ribu-an..nafasnya jadi panjang..jangan terlalu gede..ntar ngeyeyet dipas jalan nanjak…

    Seperti saya bilang apache memang ndut2an kalo waktu dipakai terutama di pagi hari..(see judul posting ttg modifikasi ringan…)solusinya..pakai filter udara racing (see judul posting ttg modifikasi ringan…) dan setel carbu yang betul…ndut2-an ilang dehhh…

  14. Jaliteng-PWT says:

    # Bro lering
    nuwun kang atas pencerahannya…dicoba ah….

  15. Jaliteng-PWT says:

    setelah kemaren sempet crita sama mekanik tvs purwokerto pengen naikin gir depan jd 14 (punya neo ky-nya pas), si mekanik ngasih pengarahan takutnya garansi mesin yang tiga tahun khususnya gigi transmisi batal jadinya agak ragu nih, tp si mekanik ngasih trik juga misalnya ada apa2 dengan mesin terus mo ngeklem garansi dipasang lagi aja standarnya aja kikikiiiikk, yang jelas orang dealer TVS PWT bisa kompromi tp kembali lagi pusat yang pegang kendali. apapun yang sekarang ada di Apache itulah yang terbaik untuk apache…katanya.

    Lering : hehehhee…ga akan lahhh..motor saya juga adem ayemm, malah pas pake gir 14 juga di pasang sama mekanik tvs..dan yang pastii…nafas nya jadii panjangg….jangan takttt brooo…itu berarti mekaniknya bagusss..taat peraturann..hehehehe..

  16. abang says:

    Gir 14 kalo nanjak + boncengan gimana?

    Lering : boncengan dan nanjak ga maslah..normal2 saja seperti gir bawaan, namun yang beda ketika pake gir 14 nafas di gigi 1 dan 2 jadi lebih panjang…thankq kirman gambarnya…hehhe

  17. xxl123 says:

    top speednya berapa apache ini?
    trus yg 180cc kapan keluarnya?
    mohon pencerahan

  18. lering says:

    # K’ xxl123
    Top speed yang pernah dicapai oleh temen-temen di komunitas kami adalah 140 kpj..itu waktu di test nge-track jam 12 malam, klo siang hari jalanan di bdg macet bro..

    Yang segera di launching versi Face Lift-nya RTR 160, ccnya sama 160 cuma ada additional Rear Disk plus Air Scoop di ujung tanky bensin

    semoga membantu……..

  19. yudhi says:

    haloo kank,,,😀

    numpang unek2 neh yg sdikit bingung bikin kram otak ajaa neh,, heheh😀

    “mo komplane k deler tp tanggung tanggal service blom pas jadwal nungguin 5500km,, kluhannya ada oli netes trus di bagian deket gir rante dpn menjak service ke 2, apaan yaa mo di liat sndri susah buka baud tutup gir dpn pada kenceng2..!! kira2 bakalan ngaruh banyak k mesin gag yaa k depan??? mohon solusinyaa,,,🙂

  20. lering says:

    # K’ Yudhi
    Kejadian kang yudi sama dengan pemilik neo waktu sya service di pasteur rembes tetesan oli dari bagian gir depan….cepet kang diperiksa, coz berbahaya oli jadi berkurang..mending jangan nunggu jadwal service dehhh… ada yang bocor dengan sprocketnya..bentuknya bundar hitam..seperti karet gitu kang..cepet dehhh di cek..

  21. yudhi says:

    aloow,,, k*lering,,

    udah di cek k dealer yg rembes di gir depan tea,, ternyata ada sensornya yg longgar,, u/ saat ini kondisin aman dan lancar,,, brikut skalian ajaa di service n ganti oli pake enduro 4T 20w-50 biar gag cpet2 ganti oli lagi,, hehe pengiritan…😀

    hatur thnxuw kang,,, hayu siap braksi k bogor lah..
    kumpul dimana jam brapa???

  22. human says:

    Punya saya oge sama yeuh seperti punya K Yudhi, sejak servis ke 2 ada oli netes di bagian deket gir rante depan. Awalnya dikira oli sisa pelumasan rante aja yg netes tapi sampe sekarang kok masih ada aja tetesan oli itu. Ternyata ada sensor yg longgar nya kang..? Tar deh saya jg mo bawa ke dealer untuk di check..

  23. yudhi says:

    @human

    muhun kang kmaren sya kan chek k deler skalian di service buat persiapan k bogor tea… hehe

    “ternyata sensor oli atw apalah namanya sya lupa deui,,,
    trus di kencengin baudnya,, alhamdulilah beres gag netes lagi,,,!!😀
    jd makin smanget pake kuda hitam ku,, wkwkwkwk😀

    klo leh ngasih saran mendingan cepet di benerin soalnya sayang oli berkurang,, leubar tiap tetes Rp.100; wkwkwkwkwhawhawhaswwhawhahaha,,😀

  24. human says:

    Xixixxi bs aja si akang mah, iya tuh kang ternyata setelah kemarin sy check ke bengkel, bener yg jadi masalah sensor olinya ato apalah namanya sy jg gak tau (lupa nanya), baudnya longgar, di lem trus dikencengin lagi baudnya. Sekarang ladi dipantau dulu, mudah-mudahan gak rembes lagi nya kang.. hehe..

  25. yudhi says:

    @human

    sipsip.. bagus klo gtu,, brarti kondisi motor dah aman donk,,,

    ikut juga kan k bogor??? jam6 pagi kumpul di dealer bubat…

  26. boedkun says:

    oli yang bagus buat apache apa ya? mohon infonya..thx

  27. yudhi says:

    @k’lering

    ini knp motorku klo abis di pake suka bau “hangit”

    apa salah pake oli kitu “gag cocok”???

    sya pake enduro 4T…

    perasaan mah gancang panas,,,

    “mohon tips nya kank,,,🙂 thnx…

  28. Lering says:

    # yudhi

    Coba aja kang ganti sama oli yang lain…di blog ini ada posting khusus tentang oli, semoga aja bisa jadi referensi.

  29. yudhi says:

    @k’lering

    nuhun,,, sya akan coba ..🙂

  30. Rizky D. Soemanagara says:

    halo lam kenal. kuring br beli apache yg rear disc brake. masa inreyen sering surabaya-malang, top speed kadang2 60 km/j, seringnya sih 50-53 km/j. jarak jauh pelan, pergelangan-telapak kanan pegel. bensin full pertamax. so far ok banget nih motor. false netral nggak ada. netralin eces lah.sekarang odo masih 460 km. kl mau oke, sebulan sekali kudu ganti oli. umur ekonomis mesin pasti lama. ada yg jual engine guard untuk apache face lift?

  31. JaburAyhh says:

    sblomnya lam kenal buat smuanya, punten pisan sama yg punya blog yach…hehehee
    gw mo nanya nih bro : gw tinggal di bandung tp mtr gw belinya di luar jawa. garansi mesin kan 3 thn, trus klo mo komplain mslh mesin apakah harus ke dealer asal ato bisa dimana aja..? mohon infonya,thx…

  32. Albert Lo says:

    info barang baru, JOK DINGIN dan BLUETOOTH HELMET
    cek di http://www.mbachot.com
    terbuka peluang untuk jadi distributor

  33. sunardik says:

    kox..standlock tvs rock cepat rusak…bahkan saya udah sering perbaiki .sampai 7 kali ..masih rusak..yang salah motornya atau mekaniknya di bagansiapiapi ya..???

  34. arif says:

    saya juga punya masalah dengan rembesan oli di gigi tarik depan kemarin udah di ganti sil nya… tapi merembes lagi… trus kok apache saya ngluarin asap putih di knalpot, padahal saya ganti oli sebulan sekali, oli yang saya pake fastron sae 20/50 ya walaupun asapnya gak tebel tp kan bikin hati gak tenang juga.. apa ring pistonya udah rusak? atau apa ada masalah dengan karburatornya?

  35. abie says:

    punteun kang bade tumaros…..knp yahh stang saya kl melibas jalan bergelombang [ex. kaya garis kejut wkt mau liwat rel kereta ] or bahkan polisi tidur kecil [tp agk lancip] bunyi jedog-jedog….???dah di komplain ke BERES n katanya cuma kom steer na doank [dah di stel jg] masih tetep bunyi bahkan skrg makin parah bunyinya…mohon solusina kang……

  36. Tanto says:

    Tadi siang ( 06 07 2011 ) ke bengkel resmi TVS di Bandung…..aku nanya ke mekanik ” Kang kenapa motor ente kok bisa kuenceng gitu ? Emang mesinnya di apain ajah ? ” si mekanik menjawab ” Itu mah rahasia,hanya saya yang tahu “……..ngga enak banget ndengernya

  37. Anonymous says:

    motor TVS X3i ,kalo’ dimodif sport gimana modelnya

  38. adminsmash says:

    TVS X3i saya mo di modif sport,tolong beri saya refrensi modelnya/ contoh modelnya……trim’s

  39. erwandi says:

    halo lam kenal. gue br beli apache yg dd 6 bulan yang lalu, servis rutin, tapi kok pada saat servis terakhir harus skur klep, kenapa ya kang? mesin juga terasa cepet panas and performa mesin pada tanjakan ngepleh alias ngerik. mohon pencerahan…. salam tvs…

  40. Kang saya baru pake RockZ ga lama saya pake… waktu berenti bensin keluar terus pad selang kecil di bawah…. kata “orang ga papa masih kotor…. entar juga berenti” emang sie agak berkurang tapi…. tetp netes… kenapa yaaaa udah di periks kata begituuu ” ga papa “

  41. Anonymous says:

    Ini kayaknya masalah serius kang Pangku Langit…….Pengalaman pribadi waktu baru pakai Apache RTR160 baru seminggu ngalamin masalah yg serupa bensin ngucur terus lewat pembuangan bensin……ternyata begitu di buka Karbu sama mekanik BERES ( bengkel Resmi ) ada kotoran yg menyumbat saluran pembuangan jadi bensin ngucur terus begitu mesin mati……Intinya harus di cek ke BERES segera mas Broooo

  42. @Erwandi

    Pengalaman pribadi pakai Apache RTR160 kebetulan sudah setahun ……. untuk Oli biasanya saya pakai yg Shell AX7 10/40 + Oil Treatment Jumbo
    Tapi ngga pernah ada masalah sampai sekarang
    Kalau untuk skur klep ( Ngga begitu ngerti istilah ini ) memasuki 6 bulan ngga pernah dapet perintah kayak gini dari Bengkel Resmi

    Kalau untuk pemakaian Oli standart kalau menurut ane pribadi ngga rekomended banget ……. Karena mesin gampang panas yg di takutkan penguapan Oli tinggi mending pakai yg Shell AX7 ( Bukan promosi lohhhhh hehehehehehe ) minim penguapan …… coba dechhhhh kalau masih mengalami hal yg sama jangan di lanjutkan

  43. rudy says:

    kang, klo ganti filter racing buat RTR 160…trus 2 selang yang ada di filter yang lama harus diapakan ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s